Jaring Duta Pariwisata Lewat Pemilihan Jegeg Bagus Karangasem 2018

Jaring Duta Pariwisata Lewat Pemilihan Jegeg Bagus Karangasem 2018
Foto : Suasana malam grand final pemilihan Jegeg Bagus Karangasem tahun 2018, di panggung hiburan Stadion Amlapura, Selasa (19/6).

Buletindewata.com, Karangasem.

Guna memperkenalkan pariwisata di karangasem ke tingkat nasional maupun internasional Dinas Pariwisata Kabupaten Karangasem menggelar lomba Jegeg Bagus Karangasem 2018. Setelah melalui beberapa tahap seleksi para finalis Jegeg Bagus Karangasem 2018 mengikuti babak grand final yang digelar di panggung hiburan Stadion Amlapura, Jalan Veteran Jalur 11 Karangasem, Selasa (19/6).

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Karangasem, Wayan Astika menyampaikan, pemilihan Jegeg Bagus Karangasem tahun 2018 mengangkat tema “Cultural Heritage Being Our Identity”, yang mengandung makna betapa pentingnya peranan generasi muda dalam memahami keanekaragaman budaya sebagai identitas diri. Malam grand final Jegeg Bagus karangasem 2018 yang digelar serangkaian peringatan hari ulang tahun Kota Amlapura ke-378 secara umum bertujuan mengembangkan dan meningkatkan kemampuan dan kapasitas generasi muda Kabupaten Karangasem, agar menjadi sosok atau figur yang kreatif, inovatif, ramah, percaya diri, dan berjati diri, serta memiliki integritas dan wawasan yang baik tentang budaya dan pariwisata di daerah Karangasem.

Selain itu, ajang ini bertujuan untuk menyiapkan duta pariwisata Kabupaten Karangasem, yang akan berperan dalam mengenalkan dan mempromosikan khasanah seni, budaya, dan potensi pariwisata daerah hingga ke tingkat internasional. “Jegeg Bagus 2018 ini diharapkan bisa menjadi duta wisatanya Pemerintah Kabupaten Karangasem untuk bisa mempromosikan potensi wisata yang ada di Karangasem kepada dunia luar baik di tingkat regional maupun internasional,” terang Astika.

Duta pariwisata kabupaten karangasem kali ini nantinya diharapkan mampu bersaing dalam ajang pemilihan Jegeg Bagus Bali di tingkat provinsi. Melalui kegiatan ajang ini, generasi muda diharapkan mampu mengembangkan dan meningkatkan kapasitas diri, untuk sadar wisata dan menjalankan sapta pesona, sehingga mampu menjadi penggerak partisipasi meningkatkan citra pariwisata Kabupaten Karangasem.

Pemilihan Jegeg Bagus Karangasem 2018

Sekda Kabupaten Karangasem, I Gede Adnya Mulyadi menerangkan, pemilihan duta pariwisata melalui ajang pemilihan Jegeg Bagus merupakan bagian integral dari pembangunan kepariwisataa, serta pelestarian nilai-nilai seni dan budaya. Selain itu, pemilihan Jegeg Bagus merupakan upaya dalam pengembangan dan peningkatan kemampuan dan kapasitas generasi muda, sehingga mampu menjadi mitra pemerintah daerah, untuk turut serta meningkatkan citra pariwisata daerah melalui kiprah, aktivitas,dan kreativitas duta pariwisata yang smart, charming, dan hospitable.

“Para finalis Jegeg Bagus Karangasem ini kami harapkan mampu membantu mempromosikan Kabupaten Karangasem, yang mana pariwisata disini sedang menggeliat dan dapat menambah obyek daerah tujuan wisata yang ada di Karangasem. Mudah-mudahan hal ini bisa membawa perkembangan pariwisata di Karangasem menjadi lebih baik,” harap Mulyadi.

Jegeg Bagus Karangasem 2018Seperti diketahui, pemilihan Jegeg Bagus Karangasem 2018 direkrut melalui masa pendaftaran yang telah berlangsung mulai tanggal 1 April hingga 4 Mei 2018. Pesertanya terdiri dari siswa-siswi SMA/SMK se-Kabupaten karangasem dan perwakilan dari sekeha teruna teruni di Karangasem. Total jumlah peserta yang mendaftar sebanyak 70 orang, terdiri dari 30 peserta Bagus dan 4 peserta jegeg. Ajang pemilihan Jegeg Bagus Karangasem tahun 2018 ini merupakan capaian peserta yang terbanyak sejak pelaksanaannya tahun 2007.

Pada malam grand final pemilihan Jegeg Bagus tahun ini para dewan juri memutuskan Made Linda Lestari dan I Komang Agus Aditya Putra terpilih sebagai Jegeg Bagus Karangasem tahun 2018. Made Linda Lestari yang merupakan perwakilan jegeg dari STT Rendang yang berhasil mengalahkan 37 peserta jegeg lainnya dengan torehan nilai  sebanyak 490. Sedangkan I Komang Agus Aditya Putra merupakan wakil bagus dari SMA 2 Amlapura yang berhasil mengalahkan 29 peserta bagus lainnya dengan total nilai yang  sebanyak 486.(bud)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *