Cooking Culture dan Balinese Spa Jadi Tema Menarik di Singapore Sales Mission 2018
Foto : Suasana kegiatan Singapore Sales Mission 2018 yang digelar Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Kabupaten Badung di Hotel Furama City Centre Singapore (26-30/5).

Buletindewata.com, Badung.

Materi promosi minat khusus cooking culture dan Balinese spa, menarik perhatian pasar Singapore, saat para delegasi Badung Tourism Promotion Board, Bali melakukan kegiatan promosi bertajuk Singapore Sales Mission 2018, yang berlangsung di Hotel Furama City Centre Singapore pada tanggal 26 hingga 30 Mei 2018 lalu.

Salah seorang delegasi, I Made Sulasa Jaya, yang juga sebagai Sekretaris Eksekutif PHRI Kabupaten Badung yang turut mengikuti kegiatan sales mission menyampaikan materi cooking culture dikemas dengan latar belakang budaya Bali yang menjadikan produk ini tampil lebih menarik dimata para undangan Singapore Sales Mission.

Menurutnya selain menonjolkan tampilan dan sajian rasa segala hidangan khas masakan Bali diniliai memiliki nilai-nilai filosofi budaya kehidupan masyarakat Bali dan nilai keyakinan dalam keseharian umat Hindu Bali yang selalu berharap akan berkah dari para dewa.

“Bagi masyarakat Bali perayaan adalah ekspresi puncak dari setiap budaya atau hasil karsa dan karya manusia yang dibentuk oleh etika, moral, ajaran hidup, suka cita dan keyakinan yang dilakukan sehari hari. Manusia Bali sangat disiplin melakukan perayaan disetiap akan memulai dan mengakhiri kegiatannya. Misalnya di akhir perjalanan hidup selama 210 hari dengan merayakan Galungan dan Kuningan, dalam setahun sekali merayakan hari raya Nyepi, dan bahkan disetiap selesai masak, pasti dirayakan dengan mengaturkan sesaji atau banten saiban, yaitu mempersembahkan terlebih dulu masakan yang dimasak kepada Hyang Widhi melalui segala ciptaanNYA, sebelum kita menikmati makanan yang dimasak,” ujarnya.

Cooking Culture dan Balinese Spa Jadi Tema Menarik di Singapore Sales Mission 2018

Sulasa Jaya menambahkan bahwa segala bentuk perayaan yang dilakukan masyarakat di Bali merupakan wujud rasa hormat dan terima kasih kepada lingkungan termasuk segala kehidupan lain dan juga kepada kekuatan yang muncul atas keyakinan masyarakat Bali yang beragama Hindu pada khususnya.

Sementara itu delegasi lainnya dari kalangan industri pariwisata Kabupaten Badung, Will Mayrick menawarkan program Canggu Cooking Retreat kepada calon wisatawan yang akan ke Bali. Program ini diperkenalkan mulai  dari proses memasak yang unik, pengenalan bahan – bahan masakan lokal sampai dari mana bahan dan bagaimana bahan tersebut diperoleh.

Selain materi cooking culture, juga diperkenalkan tentang bali spa yang sudah dikenal dunia karena bahan, teknik dan cara pelayanan terapis yang ramah tamah, yang membuat wisatawan merasa nyaman saat berkunjung ke Bali.

Berbagai paparan yang disampaikan para delegasi promosi pariwisata Kabupaten Badung yang dipimpin kabid pemasaran Wayan Sukarta di Singapore direspon khusus oleh buyer yang hadir, termasuk vice President Garuda, Sales Manager Singapore Airline (SQ), Konselor kedutaan RI dan juga para undangan dari perwakilan  negara Asia.(sls)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here