GATHERING ASESOR LSP PARIWISATA BALI, TINGKATKAN SDM PARIWISATA

GATHERING-ASSESOR-LSP-PARIWISATA-BALI-TINGKATKAN-SDM-PARIWISATA

Buletindewata.com, Denpasar.

Dalam rangka meningkatkan kualitas SDM pariwisata Bali, Lembaga Sertifikasi Profesi Pariwisata (LSP PARBALI) melaksanakan acara Gathering Asesor dengan mengundang para stake holder dan sejumlah asosiasi profesi perhotelan dan pariwisata Bali. Gathering diisi dengan penandatangan kesepakatan bersama yang dilaksanakan di taman Jepun Denpasar, Sabtu (3/2).

Ditemui di sela-sela kegiatan, Direktur LSP Pariwisata Bali, Agung Widnyana, menyampaikan bahwa LSP PARBALI merupakan lembaga pendukung Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) yang bertanggung jawab melaksanakan sertifikasi Profesi bidang Pariwisata. LSP PARBALI dibentuk oleh pelaku dan industri pariwisata yang salah satunya adalah Mediterranean Bali dan CTI Group Bali. LSP PARBALI senantiasa bersinergi dengan asosiasi profesi dan stake holder pariwisata dalam melaksanakan sertifikasi kompetensi untuk meningkatkan kualitas SDM pariwisata Indonesia khususnya di Bali. Melalui Gathering Asesor ini diharapkan dapat membangun kebersamaan dengan saling berbagi informasi sehingga para asesor memiliki persamaan persepsi terkait perihal sertifikasi.

GATHERING ASSESOR LSP PARBALI TINGKATKAN SDM PARIWISATA

Foto : Direktur LSP Pariwisata Bali (LSP PARBALI), Agung Widnyana.

“Dalam upaya kami meningkatkan kualitas sertifikasi tentunya, kami juga harus meningkatkan kualitas asesor kami. Dimana kami secara rutin melakukan upgrading untuk pemahaman terkait sertifikasi untuk asesor dan kami juga mengundang pakar-pakar untuk memberikan peningkatan pemahaman terkait sertifikasi kepada asesor kami. Dengan melaksanakan Gathering ini kami ingin membangun kebersamaan, penyamaan persepsi terkait sertifikasi dan mensharing informasi-informasi yang ada di LSP PARBALI sehingga semua asesor memiliki persamaan persepsi”, ujar Agung.

Sementara itu, ketua bidang sertifikasi dan pelatihan dewan pimpinan pusat (DPP) Indonesia Hotel General Manager Association (IHGMA), I Ketut Suarbawa sangat mengapresiasi keberadaan LSP PARBALI. Menurutnya LSP PARBALI memiliki peran yang strategis untuk meningkatkan kontribusinya di dunia perhotelan, mulai dari level karyawan, Departement Head hingga ke jenjang General Manager. IHGMA Bali pun telah bekerja sama dengan LSP PARBALI baik dalam bentuk pelatihan dan uji kompetensi. Dengan soliditas yang terjalin baik bersama asosiasi profesi pariwisata yang ada, diiharapkan LSP PARBALI dapat semakin maju, berkualitas dan memberi kontribusi lebih kepada masyarakat pariwisata Bali.

GATHERING-ASSESOR-LSP-PARIWISATA-BALI-TINGKATKAN-SDM-PARIWISATA

Foto : ketua bidang sertifikasi dan pelatihan dewan pimpinan pusat (DPP) Indonesia Hotel General Manager Association (IHGMA), I Ketut Suarbawa.

“kami apresiasi kegiatan ini. Dengan adanya Gathering Asesor ini tentu LSP pariwisata Bali dapat menambah soliditas dengan para stake holder baik asosiasi profesi maupun pihak lainnya. Diharapkan LSP PARBALI kedepannya dapat semakin maju dan berkualitas sehingga dapat berkontribusi kepada masyarakat pariwisata khususnya di Bali”, harapnya.

Dikatakan pula, selama ini IHGMA telah cukup lama bekerja sama dengan LSP PARBALI dan sinergisitas ini diharapkan semakin meningkat kedepannya, karena dari LSP PARBALI telah memfasilitasi anggota IHGMA Bali mengikuti program pelatian asesor. “Ini artinya pihak IHGMA juga berkontribusi menyediakan calon-calon asesor untuk para GM kedepannya. Dimana sekarang pemerintahan indonesia sudah menentukan Penetapan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) sektor pariwisata atau skema untuk para GM hotel”, pungkas Suarbawa.

GATHERING-ASSESOR-LSP-PARIWISATA-BALI-TINGKATKAN-SDM-PARIWISATA

Gathering Asesor LSP PARBALI yang dihadiri perwakilan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) provinsi Bali serta para asesor pariwisata ini diisi dengan penandatangan kerja sama dalam rangka peningkatan SDM pariwisata. Sejumlah asosiasi profesi perhotelan dan pariwisata yang bekerjasama dengan LSP PARBALI antara lain Indonesia Food and Beverage Executive Club (IFBEC), Indonesian Housekeeper Association ( IHKA) Bali, Indonesia Chef Associaton (ICA) Bali, Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA), dan Hotel Front Liners Association (HFLA) Bali. Gathering LSP PARBALI diakhiri dengan hiburan tarian joged bumbung.(bud)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *