KAWASAN PRIMADONA WISATA SEPAKATI PENGAMANAN PERAYAAN TAHUN BARU

hotel-dekat-pantai-kuta-agoda

Buletindewata.com, Badung.

– Sebagai kawasan yang padat dikunjungi turis asing maupun domestik, pada perayaan pergantian tahun Kelurahan Kuta, Badung menggandeng aparat keamanan guna memberikan keamanan dan kenyamanan kepada wisatawan. Pasalnya, kawasan yang menjadi pusat pariwisata di Kabupaten Badung ini tidak hanya ramai dikunjungi wisatawan saat momen-momen tertentu namun setiap harinya dipenuhi lalu-lalang wisatawan.

Setiap perayaan pergantian tahun, kawasan ini dipadati wisatawan dan masyarakat lokal. Bahkan tahun ini jumlah wisatawan pun diperkirakan akan meningkat mengingat kedatangan wisatawan baik asing maupun domestik di Bandara I Gusti Ngurah Rai mengalami kenaikan bertepatan momen liburan pergantian tahun.

Lurah Kuta, I Wayan Daryana, Selasa (29/12) mengatakan, jika keamanan dan kenyamanan wisatawan maupun warga setempat merupakan prioritas utama. Sehingga pada saat perayaan pergantian tahun, Kelurahan Kuta tidak hanya mengerahkan organisasi kemasyarakatan dan tokoh masyarakat juga aparat keamanan seperti, kepolisian dan TNI.

“Terkait keamanan pergantian tahun, kami juga bergandengan dengan aparat keamanan mulai dari, pihak kepolisian, TNI, dinas perhubungan, Satpol PP, pihak organisasi kemasyarakatan dengan desa adat. Serta, tokoh-tokoh masyarakat yang juga secara bersama-sama dibawah koordinasi Tripika telah melakukan koordinasi di kecamatan,” ungkap Daryana.

Dia mengungkapkan, dalam koordinasi tersebut telah ada beberapa kesepakatan bersama yang dihasilkan. Hal itu juga sudah disebarluaskan kepada masyarakat Kuta. “Ini menjadi acuan kita bersama sebagai rambu-rambu, dalam menyambut pergantian¬† tahun,” katanya.

Menurut Daryana, kesepakatan itu mengatur beberapa hal diantaranya mengatur penempatan pedagang yaitu, sepanjang jalan luar areal Pantai Kuta, mulai dari selatan sampai ke utara. Pedagang kata dia tidak boleh masuk ke areal pantai. Selain itu penyalaan kembang api juga diatur dalam kesepakatan tersebut.

Lanjut dia mengatakan, terkait penyalaan kembang api ini, hanya boleh dilakukan pada detik-detik pergantian tahun saja. Kegiatan penyalaan kembang api akan ditempatkan disepanjang areal Pantai Kuta saja. Itu dilakukan agar tempatnya terisolasi sehingga, tidak akan terlalu mengganggu aktivitas wisatawan maupun penduduk setempat.

Kepolisian dikatakan Daryana juga akan¬† melakukan penutupan ruas-ruas jalan serta tidak boleh ada kendaraan bebas masuk ke kawasan Kuta. Hal itu untuk menghindari kemacetan dan kekacauan lalu lintas di kawasan primadona wisatawan. “Peluncuran kembang api, hanya boleh dilakukan di sekitar areal pantai Kuta pada waktu yang telah ditentukan saja,” tegasnya.(buleta)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *