PAKET TOUR TIRTHA YATRA KE INDIA MAKIN DIMINATI

images-5

Buletindewata.com, Denpasar.

– Meskipun bukan merupakan produk pariwisata baru, namun paket wisata religi ke India atau paket Tirtha Yatra ke India masih menjadi paket wisata yang diminati oleh masyarakat Bali. sehingga setiap tahunnya paket wisata tirtha yatra ini menjadi salah satu produk wisata bagi masyarakat Bali.

IGA Mas Rani Dewi, salah seorang pemilik biro perjalanan yang khusus melayani paket tour Tirtha Yatra masyarakat Bali menyebutkan minat masyarakat Bali untuk melakukan tirtha yatra ke India setiap tahunnya mengalami peningkatan yang signifikan. “Sejak pertama kali diperkenalkan oleh salah satu pelaku industri pariwisata di Bali pada tahun 2009 lalu, sampai saat ini minat masyarakat Bali untuk Tirtha Yatra ke India meningkat signifikan,” jelasnya.

Dilanjutkan Rani, selama satu tahun, permintaan tirtha yatra ke India oleh masyarakat Bali bisa mencapai 20 group dengan jumlah anggota rata-rata mencapai 15 orang per group, dengan lama tinggal di India selama tujuh hari.

Meskipun mengalami peningkatan dan jumlah masyarakat Bali yang tertarik untuk melakukan wisata religi ke India cukup banyak, namun Rani menyebutkan jika keberangkatan rombongan wisatawan ini tidak bisa dilakukan setiap saat.

Ada beberapa hal yang menyebabkan wisatawan asal Bali yang ingin berwisata religi ke India tidak bisa berangkat setiap saat, salah satunya adalah faktor cuaca yang tidak sama dengan di Bali. “Untuk keberangkatan, kami memang sarankan untuk berangkat ketika musim semi sampai musim gugur, karena jika dilakukan pada awal tahun dan akhir tahun, cuacanya tidak mendukung, karena suhu disana sampai 2 derajat,” paparnya.

Lantas bagaimana dengan harga, untuk harga paket tour ini, Rani menyebutkan jika untuk paket wisata religi ini, pihaknya mematok harga sebesar USD 1700 per orang, dengan harga tersebut, peserta tour sudah mendapatkan fasilitas penginapan dan perjalanan spiritual selama di India.

Senada dengan Rani, Oka Dinata, pemilik travel lainnya juga mengungkapkan hal yang sama, menurut Oka, selama ini permintaan paket wisata religi ke India oleh masyarakat Bali mengalami penigkatan setiap tahunnya. “Meskipun kondisi perekonomian seperti saat ini, namun permintaan wisata religi ke India setiap tahunnya tetap meningkat, hal ini karena masyarakat Bali menilai jika melakukan tirtha yatra ke India adalah bentuk tirta yatra yang utama,” jelasnya.(bude)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *