Nikmat Jajanan Khas Bali Tersaji dalam Minuman, Seperti Apa Rasanya?

Nikmat Jajanan Khas Bali Tersaji dalam Minuman, Seperti Apa Rasanya?
Foto : Jajanan tradisional khas Bali.

Buletin Dewata, Gianyar.

Dari beberapa kali upaya untuk menghadirkan inovasi minuman dengan sensasi rasa jajan Bali, akhirnya usaha tersebut membuahkan hasil. Salah seorang Food & Beverage Manager di salah satu restoran yang ada di dalam hotel di kawasan Ubud, Gianyar kini akan menyajikan menu minuman bagaikan sedang menyantap jajan Bali.

Kadek Arya Wirayasa, Manajer Makanan & Minuman di Furama Villas & Spa Ubud, yang juga pencipta minuman jajan Bali ini saat ditemui, mengatakan, jika minuman dengan rasa jajan Bali tersebut hingga sekarang belum memiliki nama. “Minuman ini kami buat karena terinspirasi dari jajan Bali,” ucapnya.

Menurut dia, sebagian orang memerlukan hidangan penutup atau dessert usai mengonsumsi makanan utama. Namun, ada wisatawan yang ingin memakan jajan Bali sebagai makanan penutup tetapi enggan karena merasa belum terbiasa.

“Makanya saya mencoba untuk berkreasi dengan membuat minuman dengan rasa jajan Bali. Sehingga wisatawan yang tidak ingin memakan jajan Bali bisa merasakan rasa jajan Bali melalui minuman ini karena sifatnya ringan,” katanya.

Nikmat Jajanan Khas Bali Tersaji dalam Minuman, Seperti Apa Rasanya?
Foto : Minuman rasa jajan Bali.

Minuman tersebut dibuat dari santan, gula merah dan sirup gula pandan. Kenapa menggunakan pandan? Karena di area hotel terdapat kebun pandan yang cukup luas. Pihaknya pun ingin memanfaatkan tumbuhan tersebut menjadi sirup berwarna hijau.

“Minuman dengan rasa jajan Bali ini belum memiliki nama. Kami buat terinspirasi dari jajan Bali yang dominan bahan dasarnya santan, pandan, gula merah yang saya kombinasikam menjadi minuman mocktail itu bisa menjadi dessert mocktail,” jelas Arya.

Pihaknya membuat minuman rasa jajan Bali dikarenakan ingin memberdayakan hasil pertanian di sekitar hotel. Apalagi dia belum memiliki menu mocktail yang menggunakan konsep rasa khas Bali.
“Bagi yang terlalu berat mengambil dessert, bisa minum ini sebagai hidangan penutup,” cetus Arya.

Minuman dingin yang disajikan dengan warna hijau, merah dan putih ini juga cocok diminum saat afternoon tea bagi yang tidak menyukai minuman panas. “Bisa juga diminum setelah berenang maupun setelah makan makanan berat. Minuman baru ini akan segera dimasukkan ke dalam menu. Ke depan kita juga akan membuat signature-signature berbahan dasar dari sekitar sini,” tutupnya.(blt)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *