Ayam Betutu Jadi Menu Wajib dinikmati Wisatawan Saat Berlibur ke Bali

Ayam Betutu Jadi Menu Wajib dinikmati Wisatawan Saat Berlibur ke Bali

Buletin Dewata, Denpasar.

Ayam Betutu dalam industri kuliner di Bali, tidak saja menjadi salah satu menu andalan bagi para pelaku usaha kuliner, namun saat ini sudah menjadi salah satu ikon masakan Bali yang wajib dicicipi wisatawan saat berlibur ke Bali.

Untuk menikmati menu ayam betutu, wisatawan maupun masyarakat Bali, tidak perlu repot-repot mencari restoran dengan menu ayam betutu. Karena saat ini, hampir di setiap sudut kota di Bali bisa ditemukan restoran yang menyediakan menu ayam betutu.

Salah satu destinasi kuliner di kota Denpasar yang menyediakan menu Ayam Betutu adalah Warung Ayam Betutu Bu Nia yang berlokasi di jalan Merdeka no.1 Denpasar. Meskipun merupakan pendatang baru di industri kuliner di Bali, namun Betutu Bu Nia sudah menjadi salah satu tempat makan favorit bagi wisatawan, khususnya wisatawan domestik yang berlibur ke Bali.

Asti Sudarsana, Owner Warung Betutu Ibu Nia ketika ditemui beberapa waktu lalu mengatakan ada dua jenis menu betutu yang tersedia, yakni ayam betutu original dan ayam betutu goreng. Keduanya memiliki keunikan tersendiri, seperti betutu original, menu ayam betutu ini, lebih menonjolkan rasa pedas yang otentik. “Menu ini sangt cocok bagi mereka yang menyukai rasa pedas, betutu ini disajikan lengkap dengan kuah dan sayur plecing kangkung,” lanjutnya.

Sedangkan untuk betutu gorengnya, dijelaskan Asti, rasa dari ayam betutu ini lebih lembut. Karena sebelum disajikan ayam betutu di goreng terlebih dahulu, sehingga rasa pedas dari ayam betutu ini, tidak terlalu menyengat. Menu ini sangat cocok untuk pelanggan yang tidak menyukai rasa pedas.

Dalam satu paketnya, kedua jenis menu ini disajikan lengkap dengan nasi putih, sayur kangkung, kacang goreng serta kuah sayuran. “Selain itu, kami juga menyediakan sambel sebagai pelengkap dari menu ayam betutu ini,” tambahnya.

Ayam Betutu Jadi Menu Wajib dinikmati Wisatawan Saat Berlibur ke Bali

Meskipun sambel sudah biasa disajikan dalam penyajian ayam betutu, namun di Warung Ibu Nia, penyajian sambal cukup spesial, karena di Warung betutu ini disajikan tiga jenis sambel yang berbeda.

Jenis sambel antara lain, sambel Mbe, sambel matah dan sambel merah. Ketiga jenis sambel ini diakui Asti ini merupakan sambel khas Bali dengan tingkat kepedasan yang memang sudah disesuaikan.

Dari segi rasa, ayam betutu Ibu Nia ini memang memiliki rasa yang lebih lembut jika dibandingkan dengan rasa ayam betutu pada umumnya. Hal ini karena target pasar dari Warung Betutu ini adalah wisatawan yang datang ke Bali.

Rasa dari ayam betutu ini, sengaja dibuat tidak terlalu pedas, karena penggunaan cabai rawit yang dikurangi. “Untuk mengurangi rasa pedas ini, kami mengurangi penggunaan cabai rawit dan merica putih, sehingga rasa pedasnya cukup lembut dan tidak menimbulkan efek yang berkelanjutan,” terangnya.

Selain melayani pelanggan yang ingin makan langsung, Warung Betutu Bu Nia juga melayani pesanan menu bagi pelanggan yang ingin menyelenggarakan acara-acara tertentu, seperti arisan, selamatan dan perayaan ulang tahun.

Untuk menu pesanan ini, ada beberapa jenis menu tambahan lain, seperti nasi bakar, tumpeng dan paket Betutu. “Untuk menu nasi bakar, kami sediakan apabila ada pesanan, biasanya pesanan Nasi Bakar untuk beberapa acara seperti arisan atau acara rapat-rapat instansi,” ungkapnya.

Selain menu betutu dan nasi bakar, ada beberapa jenis panganan yang unik, salah satunya adalah kripik ayam betutu. Keripik ini, dikatakan Asti merupakan jenis panganan yang memang sengaja dibuat bagi yang ingin menikmati olahan ayam betutu dengan cara yang berbeda.

Keripik ini dibuat dari suiran daging ayam betutu yang digoreng dalam minyak panas setelah sebelumnya dibaluri tepung. “Kripik ayam betutu ini bisa awet hingga seminggu, karena diproses dengan baik, setelah digoreng, keripik ini dikeringkan dengan cara divacum,” paparnya.

Untuk harga, per porsi ayam betutu di Warung Bu Nia dijual mulai dari Rp 25 ribu, sedangkan untuk ayam betutu utuh dijual dengan harga Rp 80 ribu per ekor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *