Launching Komunitas Denpasar Local Guides (DLG), Beri Kontribusi Pengguna Google Maps

Launching Komunitas Denpasar Local Guides (DLG), Beri Kontribusi Pengguna Google Maps
Foto : Anggota komunitas Denpasar Local Guides (DLG).

Buletin Dewata, Denpasar.

Local Guides merupakan salah satu program dari Google bagi komunitas relawan atau kontributor untuk menulis ulasan, menambah foto, menambah video, mengedit tempat, menjawab pertanyaan tentang suatu tempat dengan memeriksa fakta pada Google Maps. Sebagai salah satu kontributor penting di Google Maps, komunitas Local Guides di Kota Denpasar, Bali pun resmi dilaunching pada Minggu (28/4), bertempat di Warung Be Pasih, Renon, Denpasar.

Koordinator Denpasar Local Guides, Indria Trisni Puspita menyampaikan masih banyak data informasi seputar tempat di Bali khususnya di Denpasar yang jauh dari akurat, yang dapat berakibat menyesatkan bagi pengguna jasa Google Maps lain. Pembaharuan data informasi dari para relawan Local Guides sangat penting terkait soal keakuratan informasi dari Google Maps. Untuk itu, Denpasar Local Guides (DLG) dibentuk sebagai komunitas Local Guide di Kota Denpasar yang membantu memberikan berbagai informasi tersebut.

Diakui selama ini anggota DLG jarang bisa ngumpul bareng akibat kesibukan masing – masing. “Jadi hari ini kita mengawali terbentuknya DLG dan setelah ini kita akan menggelar pertemuan (meetup) setiap 2 minggu sekali secara non formal dimana setiap anggotanya bisa saling mengundang,” ujarnya.

Launching Komunitas Denpasar Local Guides (DLG), Beri Kontribusi Pengguna Google Maps
Foto : Koordinator Denpasar Local Guides (DLG) Indria Puspita (kiri) bersama anggota DLG dalam sesi perkenalan, acara launcing DLG di warung Be Pasih, Renon, Denpasar, Minggu (28/4).

Wanita yang akrab dipanggil bu Indra yang juga sebagai fasilitator Gapura Digital Bali ini mengharapkan dengan dibentuknya komunitas DLG ini akan bisa menumbuhkan komunitas Local Guides serupa di daerah lain yang belum bergerak. “Selain bisa berbagi pengalaman dan berbagi informasi, banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan bergabung menjadi Local Guides diantaranya bisa saling berkenalan dengan anggota Local Guides diseluruh Dunia, ” imbuhnya.

Sebagai Local Guides, Indria Trisni Puspita pun menyampaikan beberapa pengalamannya. Menurutnya Local Guides dengan level tertentu akan menerima undangan berkunjung ke kantor Google pusat di Amerika dengan memenuhi beberapa kriteria syarat antara lain Local Guide harus telah mencapai level 5, membuat video 1 menit tentang profil diri, aktif di komunitas localguidesconnect.com, menjadi moderator, menggelar meetup dan tentunya fasih berbahasa Inggris.

“Karena disana seluruh Local Guides sedunia akan berkumpul dan masing-masing Lokal Guides akan membawa nama negaranya untuk sharing. Biasanya orang-orang yang berangkat merupakan orang-orang yang ikhlas tanpa pamrih. Jadi saran saya kalo temen-temen memang ingin berangkat ke Amerika maka harus memiliki review yang khusus (review sesuai minat), seperti review tentang jalan jalan ataupun kuliner. Dan biasanya untuk review makanan yang lebih dicari di Google Maps adalah makanan yang khas bukan semacam fast food,” tuturnya.

Launching Komunitas Denpasar Local Guides (DLG), Beri Kontribusi Pengguna Google Maps
Foto : Anggota komunitas DLG.

Selanjutnya, dengan telah terbentuknya DLG, para anggota digital mapper ini pun mendapat kesempatan dari Google Gapura Digital Bali, membantu sebagai asisten fasilitator dalam mengajar kelas praktik dan optimasi Google My Bussiness (GMB) di penyedia co-working space di Bali.

Lounching perdana DLG yang dihadiri para Local Guides hingga level 9 ini diisi dengan sesi perkenalan, sharing session dan diakhiri dengan makan siang bersama secara Magibung. Para anggota komunitas DLG akan memberi ulasan, memposting foto, tempat – tempat tujuan di Bali, khususnya di Kota Denpasar sehingga penggunaan Google Maps menjadi lebih mudah, seru, dan menyenangkan.(blt)

4 tanggapan untuk “Launching Komunitas Denpasar Local Guides (DLG), Beri Kontribusi Pengguna Google Maps

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *