Buku Putra Bali “Marsekal TNI I.B. Putu Dunia Menembus Langit”, Motivasi Generasi Milenial

0

Buku "Marsekal TNI I.B. Putu Dunia Menembus Langit", Motivasi Generasi Milenial

Buletin Dewata, Denpasar.

Ida Bagus Putu Dunia adalah figur lokal Bali yang sukses meniti karier militernya di tingkat nasional. Ingin berbagi dengan masyarakat luas dan mampu menginspirasi generasi muda, agar tidak gampang menyerah dan putus asa dalam menghadapi berbagai tantangan, Ida Bagus Putu Dunia meluncurkan buku berjudul “Marsekal TNI I.B. Putu Dunia Menembus Langit” di Inna Bali Hotel Denpasar, Sabtu (23/2).

Buku berjudul “Marsekal TNI I.B. Putu Dunia Menembus Langit,” yang disusun oleh N. Putrawan ini merupakan sebuah biografi singkat dari L.B. Putu Dunia yang pernah menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Republik Indonesia. Namun demikian, narasi dari buku ini disusun sedemikian rupa dengan mempertimbangkan, agar cerita perjalanan hidup sang tokoh dapat menggugah semangat juang para pembaca di dalam meraih cita-cita maupun menjalani hidupnya secara keseluruhan.

Keterbatasan ekonomi yang dialami I.B. Putu Dunia semasa sekolah tidak membuatnya berkecil hati justru menjadi tekun mencari celah untuk mengubah nasibnya. Demikian juga dalam perjalanan tugasnya ia berhadapan dengan berbagai jenis kesulitan dan tantangan yang mampu dihadapinya dengan tenang dan cerdas, sehingga ia mencatatkan kesuksesan dan meraih pangkat tertinggi di lingkungan TNI Angkatan Udara.

Dalam bukunya diceritakan I.B. Putu Dunia lahir pada tanggal 20 Februari 1957 di sebuah keluarga sederhana di Desa Nyambu, Kecamatan Kediri, Tabanan, Bali yang kemudian berhasil mencatatkan namanya dalam sejarah sebagai orang Bali pertama yang mencapai pangkat tertinggi di dunia militer (Marsekal). la juga mencatatkan dirinya sebagai orang Bali pertama yang pernah menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan di lingkungan TNI, yaitu Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau).

Semua kesuksesan yang diraihnya tidak berlangsung begitu saja, melainkan penuh rintangan, tantangan, dan juga hambatan. Semasa kecil ia tidak pernah menggantungkan cita-citanya setinggi langit. namun sejak kecil ia memang suka melihat kapal yang terbang di langit.

I.B.Putu Dunia beruntung dapat masuk di STMN Ubung, karena pada masa itu banyak anak seusianya lebih memilih bekerja mencari uang daripada melanjutkan sekolah. Ia berhasil mengantongi ijazah STMN Ubung Lulus dari STMN Ubung, Putu masih menyandang status sebagai anak yang tidak punya biaya sekolah. Tidak punya biaya sekolah dan tidak pula ingin bekerja, lantas Putu mencari sekolah tinggi yang bebas biaya alias gratis. Tenyata ia menemukannya Akabri salah satu akademi gratis dan ia pun ikut seleksi dan dirinya lulus seleksi.

Buku Putra Bali "Marsekal TNI I.B. Putu Dunia Menembus Langit", Motivasi Generasi Milenial

Melalui buku biografi yang diluncurkan, I.B. Putu Dunia berharap dapat memberi inspirasi dan motivasi bagi generasi milenial, karena perjalanan hidupnya bisa terbilang sukses. Ia teringat dengan jargon bahwa pemimpin yang berhasil adalah pemimpin yang bisa menyiapkan regenerasinya. “Saya merasa memiliki pengalaman selama saya hidup. Maka dari itu saya ingin ikut memberi inspirasi dan memotivasi generasi muda yang akan maju menghadapi masa depannya,” ujarnya.

Ia berharap buku yang diluncurkan dapat dibaca dan diambil maknanya. Karena ke depan hidup itu tidak semakin mudah. Perlu persiapan yang bagus dan harus mampu bersaing dengan pihak lain. Ia pun tak lupa mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang selama ini telah banyak membantu di dalam menerbitkan buku ini, sehingga dapat dinikmati masyarakat luas. “Sudah tentu karya ini masih perlu penyempurnaan, karena masih mengandung berbagai kelemahan dan kekurangan. Oleh karena itu, mohon maaf atas semua kekurangan tersebut, semoga karya sederhana ini dapat sedikit bermanfaat di dalam memajukan bangsa dan negeri ini, terutama turut mendorong lahirnya SDM yang tangguh, ulet, dan berprestasi”, tuturnya.

Sementara, Sekda Provinsi Bali Dewa Made Indra yang menghadiri peluncuran buku I.B. Putu Dunia memberi apresiasi yang luar biasa. Menurutnya ide membuat buku untuk memotivasi dan menginspirasi generasi muda merupakan sesuatu yang sangat positif. “Melalui sebuah buku, kita menangkap ide dan gagasan dalam perjalanan karier seorang Putra Bali yang sukses meniti karier di kancah nasional,” ujarnya.

Dewa Indra pun menilai sosok I.B Putu Dunia merupakan sumber inspirasi dan motivasi bagi semua pihak. Karena IB Putu Dunia merupakan satu-satunya putra Bali yang mencapai pangkat bintang 4. Maka kesuksesannya ini diharapkan menjadi contoh dan bisa ditiru, karena menurutnya tidak ada yang salah meniru orang sukses. “Oleh karena itu, atas nama pemerintah dan masyarakat Bali, saya memberi apresiasi setinggi-tingginya kepada IB. Dunia. Tak ada salahnya kita meniru bagaimana seseorang mampu meraih sukses,” imbuhnya.(rls)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here