Viu Pitching Forum 2019 di Bali Jaring Bakat Sineas Muda membuat Film

Viu Pitching Forum 2019 di Bali Jaring Bakat Sineas Muda membuat Film.jpg
Foto : Roadshow Viuw Pitching Forum 2019 di Kota Denpasar, Sabtu (2/2).

Buletin Dewata, Denpasar.

Guna mencari ide film dari sineas muda di beberapa kota besar di Indonesia, Viuw Indonesia yang merupakan layanan video OTT (Over-The-Top) melalui jaringan internet, menyelenggarakan Viu Pitching Forum di Bali bertempat Mini Hall Irama Indah Music Centre, Denpasar, Sabtu (2/2). Ide film berbentuk proposal yang terpilih, akan dibuatkan menjadi film Viu Originals yang ditayangkan di 16 negara pengguna Viu.

Viu Pitching Forum adalah sebuah acara tahunan yang didedikasikan untuk memfasilitasi dan mengembangkan ide-ide cerita dari sineas Indonesia untuk menjadi Viu Originals. Bali menjadi salah satu dari sepuluh kota besar yang menjadi tujuan Roadshow Dialog Film untuk mengenalkan Viu Pitching Forum 2019 di antaranya, Jakarta, Tanggerang, Bandung, Padang, Yogyakarta, Medan, Balikpapan, Surabaya, Bali dan Manado. Viu Pitching Forum 2019 ini dimulai dengan kegiatan roadshow Dialog Film bersama Nia Dinata (Sutradara dan Produser) dan tim Viu.

Senior Vice President Marketing Viu Indonesia, Myra Suraryo menjelaskan View Pitching Forum merupakan upaya dari komitmen Viu bagi Indonesia dalam membangun sebuah ekosistem yang dapat memberdayakan industri konten Indonesia sehingga dapat memberikan kontribusi yang signifikan bagi pertumbuhan ekonomi nasional. “Kami sangat senang dapat mengumumkan tanggal dan proses Viu Pitching Forum 2019, sehingga para sineas berbakat Indonesia dapat mulai mempersiapkan ide-ide segar mereka,” Jelasnya.

Viu Pitching Forum 2019 di Bali Jaring Bakat Sineas Muda membuat Film
Foto : Sebior Vice Oresident Marketing Viu, Myra Suraryo (tengah) saat diwawancara pers.

Myra menambahkan Bali dinilai sebagai salah satu kreatif hub untuk Indonesia. Terlebih Bali memiliki perkembangan seninya yang tidak hanya seputar seni tari atau seni kerajinan. “Bali ini kan memang sineasnya sudah sangat banyak, jadi potensinya sangat besar. Pada intinya potensi Indonesia ini sangat besar dengan 18 ribu pulau, 750 kebudayaan dan 300 bahasa itu adalah sebuah potensi besar yang memungkinkan Indonesia sebagai salah satu negara yang menjadi produsen konten terbesar di dunia dengan kekayaan tersebut. Harapan kami adalah jangan hanya Bali yang jadi kreatif hub tapi daerah daerah lainnya diseluruh Indonesia,” imbuhnya.

Sementara, Nia Dinata selaku seorang sutradara dan produser menjelaskan bahwa semua jenis film apapun yang dibuat pasti diawali Pitching dengan mempresentasi ide, baik dari penulis ke produser maupun dari produser ke sutradara untuk bekerjasama atau bahkan dari ketiganya melakukan pitching ke investor yang memiliki dana. “It’s all about Pitching. Dan kelemahan orang Indonesia adalah gak bisa Pitching dengan benar, sehingga kita bikinlah Viu Pitching Forum ini,” jelasnya.

Ditanya soal hal yang menarik dari Bali yang bisa diangkat menjadi ide pembuatan film, Nia Dinata menjelaskan banyak ide yang bisa dimunculkan dari Bali, seperti dari adat istiadatnya. “Aku sih ngeliatnya ya kalau yang bisa menarik untuk dunia internasional mungkin segala sesuatu yang ada hubungannya dengan upacara adat. Maksudnya anak muda Bali yang semodern apapun, yang kerjaanya bisa pulang malam karena mungkin kerja di club atau diskotik tapi begitu ada upacara adat kan harus ikut upacara adat. Itu saja sudah jadi sesuatu yang menarik dari Bali. Jadi klo mau ngomongin apa yang menarik dari Bali itu semuanya menarik. Buktinya menjadi salah satu tempat yang paling favorite di dunia, ” tuturnya.

Viu Pitching Forum 2019 di Bali Jaring Bakat Sineas Muda membuat Film
Foto : Nia Dinata (tengah) selaku seorang sutradara dan produser.

Viu Pitching Forum 2019 memberikan kesempatan selama lebih dari satu bulan bagi sineas Indonesia untuk mengajukan ide ceritanya ke Viu Pitching Forum , dimulai dari 20 Januari s/d 28 Februari 2019. Syarat mengajukan karya ke Viu Pitching Forum meliputi: Sinopsis cerita, dengan minimal 300 kata dan maksimal 500 kata (dikirim dalam format PDF), Deskripsi karakter, baik karakter utama maupun karakter pendukung (dikirim dalam format PDF), Video, dengan durasi 30 detik-1 menit yang dapat mewakili sinopsis cerita.

Syarat Pendaftaran Viu Pitching Forum 2019 meliputi Data diri berupa: Nama, No Hp, Alamat lengkap, Email yang digunakan untuk berlangganan Viu. Kirim email ke pitchtoviu@vuclip.com dengan Subject dan Format penulisan file: Nama Peserta_Judul Cerita. Batas akhir pengumpulan hingga 28 Februari 2019. Untuk keterangan lebih lanjut silakan cek social media Viu Indonesia di instagram@viuwpitchingforum.

Selanjutnya, dari 10 – 12 proposal film yang terbaik akan dipilih dan masuk babak final untuk mengikuti workshop bersama sineas profesional di Jakarta. Para Finalis, yang mengikuti workshop selama 6 hari di Jakarta akan mendapatkan bimbingan intensif dari para sineas-sineas profesional Indonesia. Pada akhir masa workshop tersebut, para finalis akan melakukan pitching/presentasi ide cerita mereka di depan para juri yang terdiri dari Myra Suraryo (Viu Senior Vice President Marketing Indonesia) dan Aileen Leong (Viu Head of Content Indonesia), Nia Dinata (Sutradara dan Produser), Lucky Kuswandi (Sutradara & Penulis Naskah), Melissa Karim (Produser & Penulis Naskah), dan juri dari Institut Kesenian Jakarta.

Viu Pitching Forum 2019 di Bali Jaring Bakat Sineas Muda membuat Film

Viu Pitching Forum sebelumnya telah menghasilkan karya serial Original HALUSTIK (tayang di Viu sejak September lalu) dan pada tanggal 12 Desember 2018 lalu Viu sukses meluncurkan serial Original “Knock Out Girl” karya Reka Wijaya, drama aksi romantis tentang perjuang seorang putri tunggal pemilik sasana tinju yang berupaya menyelamatkan bisnis keluarga dari kebangkrutan.

Viu Originals menghadirkan kisah menarik dengan kualitas produksi berkelas dunia, sekaligus memberikan kesempatan bagi sineas berbakat Indonesia untuk memamerkan keahlian mereka di panggung dunia. Knock Out Girl dan serial Original Viu lainnya dapat diakses di atau dengan mengunduh aplikasi Viu Android dari Google Play atau Viu iOS dari Apple App Store.(rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *