Festival Seni Budaya (FSB) Badung 2019, dibuka Bupati Giri Prasta dengan “Membelah Bumi”

Festival Seni Budaya (FSB) Badung 2019, dibuka Bupati Giri prasta dengan "Membelah Bumi"

Buletin Dewata, Badung.

Pementasan Adi Merdangga dan Tari Sekar Jepun yang menjadi maskot Kabupaten Badung, mengawali pembukaan Festival Seni Budaya (FSB) Kabupaten Badung Ke-XIII tahun 2019. Ajang tahunan yang digelar serangkaian dengan HUT Kota Mangupura ke-10 ini dibuka resmi Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta di panggung terbuka Balai Budaya Giri Nata Mandala, Puspem Badung, Jumat (8/11).

Pembukaan festival Seni Budaya Kabupaten Badung yang akan berlangsung selama 9 hari hingga berakhir pada 16 Nopember mendatang, ditandai dengan “Membelah Bumi” yang bermakna dapat melahirkan generasi hebat dari jaman ke jaman.

Ketua Panitia sekaligus Kadisbud Ida Bagus Anom Bhasma menyampaikan festival tahun ini melibatkan peran generasi milenial dengan menampilkan 50 seniman Barong, Tari Telek, Legong Massal serta Adi Merdangga yang melibatkan kurang lebih 140 pengerawit hasil kerjasama antara Dinas Kebudayaan dengan listibiya.

“Melalui FSB ini kami berharap dapat memberikan ruang bagi para seniman untuk mengekspresikan garapannya sehingga nanti dapat kita tampilkan dan sekaligus sebagai momen dalam Pesta Kesenian Bali (PKB) yang akan datang,” ungkap Anom Bhasma.

Sementara, Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menyampaikan bahwa acara festival Budaya ini merupakan salah satu bentuk surprise dari seniman-seniman listibiya Kabupaten Badung. Melalui pementasan tari Barong yang memilik makna “mebarengan” maka diharapkan masyarakat Badung secara menyeluruh dapat bersatu membangun jagat Badung dan Bali.

“Kegiatan ini merupakan salah satu contoh tentang bagaimana kami melestarikan Seni dan Budaya dengan baik dan benar. Kami memberikan sepenuhnya para seniman dan generasi milenial yang ada di Kabupaten Badung untuk berkarya,” ujar Bupati Giri.

Berbagai lomba akan mengisi kegiatan selama berlangsungnya Festival Seni Budaya Badung, seperti diantaranya lomba Bapang Barong selama 2 hari, Lomba Baleganjur dengan kategori dewasa, remaja dan anak-anak. Ada juga pergelaran dolanan anak-anak, nyurat lontar, belajar tari, Utsawa Dharma Gita hingga mesatua Bali.(blt)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *