Festival Pasar Rakyat Adira Finance di Kota Denpasar, Ajang Promosi Pasar Badung

Festival Pasar Rakyat Adira Finance di Kota Denpasar, Ajang Promosi Pasar Badung

Buletin Dewata, Denpasar.

Mengangkat tema Harmony In Diversity, Adira Finance akan menggelar Festival Pasar Rakyat di Kota Denpasar dari tanggal 9 – 10 November 2019 bertempat di Pasar Badung, Denpasar, Bali. Festival ini juga diselenggarakan di kota besar di Indonesia lainnya yakni Magelang, Bogor, Mataram, dan Pontianak.

Kepala Wilayah Areal BNT Adira Finance Surya Almada Syaukani menyampaikan, Festival Pasar Rakyat yang digelar serangkaian menyambut Hari Ulang Tahun ke-29 dan sebagai bagian dari rangkaian Festival Pesona Lokal. Kegiatan ini sekaligus untuk mengedukasi masyarakat bahwa pasar ini bukan sekedar tempat untuk transaksi jual beli, namun melalui festival pasar rakyat ini pasar merupakan ruang publik yang aktif dan kreatif serta memiliki nilai sosial budaya.

Melalui  festival pasar rakyat ini Surya mengaku agar pelaku atau pedagang di Pasar Badung ini  harus dikembangkan untuk menuju pasar sejahtera sehat dan bersih. “Maka dengan hal itu Pasar Rakyat akan bisa mendapatkan Sertifikasi SNI,” ujarnya saat Pres Conference  dengan berbagai awak media di Pasar Badung Selasa (29/10).

Menanggapi hal tersebut, Direktur Utama PD Pasar Kota Denpasar, IB Kompyang Wiranata sangat mengapresiasi adanya Festival Pasar Rakyat di Pasar Badung. Kegiatan ini menurutnya dapat mendorong terwujud Digitalisasi Pasar di Pasar Badung dan mendukung Denpasar menjadi Smart Heritage City.

Ini adalah PR berat kami mengingat kami mengetahui SDM Pasar Rakyat ini masih terbatas  sehingga perlu dilakukan edukasi untuk terwujudnya dan terlaksananya Smart Heritage Market ,” pungkasnya seraya menjelaskan jika saat ini di Pasar Badung sudah ada yang menggunakan transaksi non tunai dan pihaknya pun telah melakukan sosialisasi dengan menggandeng pihak perbankan.

Festival Pasar Rakyat akan menampilkan seni kontemporer dari Made Wianta dan Arahmaiani, pertunjukan seni, pemutaran film dokumenter, serta ada pula lomba lapak kreatif dan inovatif, workshop digital marketing, fashion show, pelatihan nyurat aksara Bali, kegiatan edukasi bermain sambil belanja, dan lainnya. Kegiatan yang nendapat dukungan dari Pemerintah Kota Denpasar  ini juga akan melibatkan lebih dari 90 komunitas lokal dan talent di Kota Denpasar.

Dipenghujung rangkaian Festival Pasar Rakyat, Adira Finance akan mempersembahkan penghargaan khusus yakni Pasar Rakyat Paling Mempesona bagi pemerintah daerah dan komunitas lokal penyelenggara yang mampu menampilkan potensi dan pesona pasar rakyat sebagai ruang publik yang edukatif dan kreatif.(rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *