Festival Pesona Bunga Edelweis Digelar Pertama Kali di Karangasem Bali

Festival Pesona Bunga Edelweis Digelar Pertama Kali di Karangasem Bali

Buletin Dewata, Karangasem.

Keindahan bunga edelweis atau bunga kasna yang tumbuh di kaki Gunung Agung, tepatnya Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Karangasem tampil mempesona dalam Festival Pesona Edelweis yang digelar selama 2 hari mulai dari 26 – 27 Oktober 2019. Event ini merupakan salah satu rangkaian Program Bali Recovery 2019.

Festival perdana yang sukses digelar di Kabupaten Karangasem, diharapkan akan mampu meningkatkan tingkat kunjungan wisatawan ke kabupaten Karangasem khususnya untuk memulihkan kepercayaan wisatawan mancanegara pasca-erupsi Gunung Agung beberapa waktu lalu.

Festival Pesona Bunga Edelweis Digelar Pertama Kali di Karangasem Bali

Kadis Pariwisata Karangasem, I Ketut Sedana Merta menyampaikan, Festival Pesona Edelweis ini merupakan bagian dari program promosi wisata yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Karangasem. “Kegiatan ini bertujuan untuk mempromosikan taman padang kasna yang dikembangkan oleh masyarakat setempat agar menjadi daya tarik wisata unggulan sehingga mampu mensejahterakan masyarakat setempat,” ujarnya.

Bunga edelweis mulai dikembangkan oleh warga di Lereng Gunung Agung di Besakih utamanya di Desa Temukus, untuk keperluan upacara khususnya saat Galungan dan Kuningan bagi umat Hindu di Bali. Seiring dengan banyaknya wisatawan yang berkunjung maka lahan perkebunan warga pun akhirnya menjadi obyek wisata taman bunga edelweiss yang banyak dikenal orang. Saat ini, bunga edelweis dibudidayakan masyarakat setempat di lahan seluas 32 hektar di areal perbukitan tak jauh dari Pura Agung Besakih.

Festival Pesona Bunga Edelweis Digelar Pertama Kali di Karangasem Bali

“Apresiasi setinggi- tinggi kepada masyarakat atas inovasi taman bunga edelweis ini. Saya selalu ingatkan, apapun dapat dijadikan daya tarik wisata, asalkan kita kreatif dan berani mempromosikannya keluar. Masyarakat harus memanfaatkan anugerah dari alam ini,” ungkap Pitana yang turut hadir pada pembukaan Festival Bunga Edelweiss, Sabtu (25/10).

Pada kesempatan yang sama, Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri menyampaikan bahwa Festival Pesona Edelweis digelar untuk mengembangkan potensi wisata buatan yang ada di kabupaten Karangasem. “Kita dapat menarik minat kunjungan wisatawan dengan memberikan informasi terkait dengan apa itu bunga kasna, bagaimana cara membudidayakannya, serta apa saja manfaatnya,” tuturnya.

Mengangkat tema “Harmoni Bunga Keabadian”, Festival Pesona Edelweis turut dimeriahkan dengan rangkaian kegiatan lainnya seperti pameran potensi ekonomi kreatif Kabupaten Karangasem, edukasi budidaya bagi pelajar dan One Day Tour Pesona Edelweis oleh 35 travel agent. Pengunjung juga dihibur dengan pertunjukan musik dan tarian.(wid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *