Art Food Festival Jajan Pasar dan Pameran Industri Jasaboga APJI di Bali

Art Food Festival Jajan Pasar dan Pameran Industri Jasaboga APJI di Bali
Foto : Pembukaan Art Food Festival Jajan Pasar dan Pameran Industri Jasaboga APJI di kawasan Pantai Mertasari Sanur, Denpasar – Bali, Jumat (13/9).

Buletin Dewata, Denpasar.

Memanfaatkan momen Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V, Asosiasi Perusahaan Jasa Boga Indonesia (APJI) mengelar festival jajanan pasar dan pameran industri jasa boga perdana pada 13-15 September 2019 di pantai Mertasari Sanur, Denpasar – Bali. Festival bertajuk Art Food Festival APJI ini dimeriahkan penampilan sederet artis ternama seperti Via Vallen dan Vidi Aldiano serta artis lokal Bali.

Pada kesempatan ini, Kepala Dinas perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Bali, Ir. I Putu Astawa, M.MA sangat mengapresiasi dan mendukung penuh art food festival APJI di Bali. Menurutnya, Bali sebagai salah satu destinasi wisata dunia diharapkan akan mempercepat upaya pengenalan aneka ragam kuliner dan produk jasa boga Indonesia ke mancanegara.

“Dengan ini kami resmi membuka Art Food Festival APJI. Semoga event ini bisa menjadi inspirasi para penggiat kuliner Indonesia dan mendorong pertumbuhan produk jasa boga Indonesia,” ujar Astawa mewakili Gubernur Bali membuka acara tersebut, Jumat (13/09).

Art Food Festival Jajan Pasar dan Pameran Industri Jasaboga APJI di Bali
Foto : (dari Kiri ke kanan) Siti Radarwati, Ketua Panita #artfoodfesapji, Ketua Umum DPP APJI, Rahayu Setiowati, Kadis Perindag Provinsi Bali, Ir.I Putu Astawa, M, MA.

Sementara itu, Ketua Umum DPP APJI, Rahayu Setiowati mengatakan dalam upaya memajukan dan melestarikan kuliner Indonesia serta memberdayakan UKM di bidang jasa boga, APJI mendorong industri jasa boga untuk membangun sinergitas antara pemerintah, pelaku usaha dan supporting usaha kuliner mengingat tantangan dalam menghadapi era revolusi industri 4.0 ini.

“Salah satu yang perlu dipersiapkan adalah transformasi digital bagi para anggota APJI. Sebagai salah satu misi dari APJI itu sendiri yakni meningkatkan pengetahuan manajemen usaha yang terus menerus dikembangkan, dengan teknik dan metode yang mutakhir, sehingga mempunyai daya saing yang tinggi,” pungkas Rahayu.

Maxi JR Kohdong selaku pendiri APJI dalam sambutannya mengharapkan melalui festival kuliner ini akan dapat meningkatkan daya tarik pariwisata Indonesia dan kuliner Indonesia dapat go internasional. “Misi kedepan bahwa bagaimana menjadikan kuliner Indonesia ini pertama sebagai tuan di negeri sendiri, kedua bagaimana APJI menjadikan kuliner nusantara ini menjadi salah satu daya tarik pariwisata Indonesia dan ketiga mempromosikan makanan sebagai aset dari pada bangsa kita ini sehingga bisa Go Internasional,” ungkapnya.

Art Food Festival Jajan Pasar dan Pameran Industri Jasaboga APJI di Bali

Ketua Panitia Rakernas dan Art Food Festival 2019, Siti Radarwati mengatakan APJI ingin memperkenalkan makanan-makanan khas Indonesia tidak hanya kepada kalangan milenial lokal, tetapi juga pengunjung dari mancanegara. Untuk itulah Bali dipilih sebagai lokasi pelaksanaan festival ini mengingat pulau dewata telah menjadi salah satu destinasi favorit kunjungan wisatawan dunia ke Indonesia.

“Mengingat Bali merupakan tujuan wisata terpopuler di Indonesia maupun mancanegara dengan kekhasan seni budaya nya yang turut mempengaruhi industri jasa boga dan kuliner. Harapannya, industri jasa boga dan kuliner nusantara akan lebih dikenal lagi oleh masyarakat Indonesia dan dunia,” tuturnya.

Ditambahkan, bahwa animo terhadap acara tersebut sangatlah tinggi. Terlihat dari peserta pameran yang mendaftar untuk mengkuti festival. Terdapat 130 booth yang terbagi di beberapa zona dilahan seluas 8.700 meter persegi. Mulai dari Zona Industri, Zona Fashion, Art and Beauty, Zona F&B yang didalamnya terdapat area khusus untuk Vegetarian, Organic dan Healthy Food. “Diharapkan 10.000 pengunjung menghadiri gelaran festival ini akan menjadi program tahunan APJI di Bali, ” imbuh Siti Radarwati yang optimistis gelaran tersebut akan menyedot perhatian pengunjung.

Art Food Festival Jajan Pasar dan Pameran Industri Jasaboga APJI di Bali

Pembukaan Art Food Festival APJI turut dihadiri Dewi Motik Pramono yang merupakan seorang pengusaha perempuan terkenal di Indonesia. Artis ternama seperti Via Vallen dan Vidi Aldiano serta artis lokal Bali turut pula memeriahkan festival. Pengunjung bisa menikmati beragam industri kreatif dalam zona Milenial, seperti body and face painting, entertainment dan lainnya yang sedang berkembang saat ini.

Terdapat beberapa lomba yang digelar, seperti Lomba Jajan Pasar yang didukung oleh Rose Brand, Kompetisi Barista: Latte Art di dukung oleh Indomilk, Flaire Competition didukung oleh Vibe. Ada juga Lomba Masak Dalam Bambu, Membuat Masakan Nusantara, dan lainnya. Serangkaian festival jajanan pasar dan pameran industri jasa boga ini dilaksanakan pula Rakernas ke V APJI tahun 2019, Sabtu (14/9) di Hotel Prama Sanur Beach Bali.(blt)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *