Lomba Penjor Meriahkan Sanur Village Festival 2019

Lomba Penjor Meriahkan Sanur Village Festival 2019

Buletin Dewata, Denpasar.

Penjor-penjor indah terpasang di sepanjang jalan utama akses masuk ke lokasi Sanur Village Festival 2019 di Pantai Matahari Terbit, Sanur Denpasar. Beberapa di antaranya terpasang kokoh nan indah di dekat 2 panggung festival yang bertema ‘Dharmaning Gesing’ atau memuliakan bambu itu.

Koordinator Kompetisi Penjor SVF 2019 I Kadek Suprapta Maranggi yang akrab disapa Dek Soto menyampaikan sebanyak 25 penjor tersebut merupakan hasil kreasi para teruna-teruni Desa Sanur dan Kesiman serta sejumlah hotel dan restoran yang turut mengikuti kompetisi penjor Sanur Village Festival 2019.

Dikatakan, sejak awal pihaknya telah merancang untuk memasukkan kegiatan lomba penjor guna merespons tema festival. Menurutnya kesadaran melalui filosofi luhur tentang manfaat tanaman bambu inilah yang ingin divibrasikan kepada masyarakat agar senantiasa mendapat kemakmuran.

“Penjor yang merupakan simbol dari Naga Basukih yang berati kesejahteraan dan kemakmuran, menggunakan bahan sebantang bambu. Penjor juga melambangkan gunung yang memberikan keselamatan dan kesejahteraan,” ujar Dek Soto, Jumat (23/8).

Penjor yang dikompetisikan di Sanur Village Festival telah dipasang sejak 20 Agustus 2019 dan bisa dinikmati hingga pelaksanaan SVF berakhir, Minggu (25/8). Hasil karya seni dari masing – masing kreator yang turut ambil bagian dalam lomba kali ini menunjukan keindahan yang terbalut dengan nilai seni, budayadan tradisi.(wid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *