World Conference on Creative Economy (WCCE) 2018 di Bali Hadirkan Tokoh Ekonomi Kreatif Dunia

0
World Conference on Creative Economy (WCCE) 2018 di Bali Hadirkan Tokoh Ekonomi Kreatif Dunia
Foto : Gubernur Bali Wayan Koster (dua dari kiri depan) turut hadiri World Conference on Creative Economy (WCCE) 2018 di Nusa Dua – Badung, Rabu (7/11).

Buletin Dewata, Badung.

Konferensi Dunia Ekonomi Kreatif WCCE (World Conference on Creative Economy) 2018 merupakan konferensi tingkat dunia pertama yang membahas ekonomi kreatif diselenggarakan di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) Nusa Dua, Badung, 6-8 November 2018. Acara ini diikuti delegasi lebih dari 50 negara dan 2.000 peserta.

Pertemuan yang mengangkat tema Inclusively Creative dibuka oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf. Secara bersamaan pula dari sisi kanan dan sisi kiri panggung Menteri Retno dan Triawan menyampaikan sambutan saling bergantian. Dalam sambutannya, keduanya mengangkat pentingnya dilakukan pembahasan, pemahaman dan kerjasama di bidang ekonomi kreatif untuk mendorong pengembangan perekonomian nasional maupun global. “Mari kita tingkatkan kerjasama, kerjasama dan kerjasama, kunci utama pengembangan ekonomi kreatif adalah kolaborasi, baik itu pemerintah, akademisi, pengusaha, media dan semua pihak maka kita akan bisa mewujudkannya,” tutur Menteri Retno.

Kepala Bekraf Triawan Munaf menambahkan kebijakan di setiap negara dan model-model kerja sama internasional yang dapat diterapkan untuk memajukan ekonomi kreatif global akan dibahas pada Konferensi WCCE ini. “Para pembicara dari berbagai belahan dunia akan menyampaikan pandangan mereka mengenai kondisi ekonomi kreatif saat ini dan visi mereka mengenai masa depan. Dengan begitu, para Menteri dari berbagai negara akan mendiskusikan kebijakan di setiap negara dan model-model kerja sama internasional yang dapat diterapkan untuk memajukan ekonomi kreatif global “, imbuhnya.

Pada pertemuan tersebut dilakukan penandatanganan MoU Kerjasama antara Kepala Bekraf dengan Gubernur Bali Wayan Koster terkait pengembangan ekonomi kreatif di Provinsi Bali. Konferensi yang diselenggarakan atas kerjasama Kementerian Luar Negeri dan Bekraf, menghadirkan lebih dari 20 tokoh ternama di dunia kreatif sebagai pembicara, seperti Sutradara Terbaik Emmy Awards Lisa Russel, CEO and Co-founder Moonton (Mobile Legend) Justin Yuan, CEO and Co-founder Net Mediatama Television Wihsnutama Kusubandio, Presiden China Film Group Corporation Le Kexi, CEO Tokopedia William Tanuwijaya, dan tokoh lainnya.

Dalam upaya mengembangkan dan menguatkan ekosistem nasional selama Konferensi juga akan digelar, pameran ide, konsep, dan produk kreatif dari berbagai negara. Ruang-ruang pertemuan disiapkan untuk Workshop, Dialog, dan Film Screening. Sejumlah produk kreatif global seperti Disney, Grab, TikTok, Shopee, Potato Head, Bukalapak, dan Mobile Legend juga ditampilkan dalam kegiatan bertajuk Creativillage.(rls)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here