Promosikan Wisata Lewat Tour de Timor, NTT Gelar East Nusa Tenggara Festival (ENTEF) 2018 di Bali

0
Promosikan Wisata Lewat Tour de Timor, NTT Gelar East Nusa Tenggara Festival (ENTEF) 2018 di Bali
Foto : Penampilan kesenian di ajang East Nusa Tenggara Festival (ENTEF) 2018 di Lippo Mall Bali, Sabtu (3/11).

Buletin Dewata, Badung.

Jelang event pariwisata “Tour de Timor 2018”, Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) melalui Dinas Pariwisata setempat mengadakan promosi East Nusa Tenggara Festival (ENTEF) 2018 di Lippo Mall Kuta, Badung, Sabtu (3/11). Bali dipilih sebagai tempat promosi mengingat Pulau Dewata merupakan destinasi wisata internasional yang banyak dikunjungi wisatawan mancanegara.

Ditemui di sela-sela festival, Kabid Kelembagaan Dinas Pariwisata NTT, Ronny Fernandez, mengatakan ENTEF 2018 di gelar Bali untuk tarik minat wisman kunjungi Pariwisata Provinsi NTT. Gelaran ENTEF 2018 menampilkan beragam seni dan kebudayaan yang menjadi potensi NTT. Hal ini dilakukan untuk menarik wisatawan mancanegara berlibur ke NTT, terutama saat kegiatan Tour de Timor yang akan berlangsung pada 4-8 Desember 2018 mendatang. Pemerintah setempat menargetkan minimal 100 peserta berpartisipasi dalam event wisata itu karena akan disuguhkan berbagai keindahan alam dan budaya daerah tersebut.

“Kami promosi pariwisata di Bali dengan tujuan memperkenalkan budaya dan destinasi NTT di Bali dengan harapan banyak wisatawan asing berkunjung ke NTT. Pada kesempatan ini kami juga me-launching “tour di timor” yang akan diselenggarakan Desember mendatang,” ujar Ronny.

Promosikan Wisata Lewat Tour de Timor, NTT Gelar East Nusa Tenggara Festival (ENTEF) 2018 di Bali
Foto : Promosikan wisata lewat Tour de Timor, Dinas Pariwisata Provinsi NTT Gelar East Nusa Tenggara Festival (ENTEF) 2018 di Lippo Mall Bali.

Ditambahkan Ronny, kegiatan promosi yang dilakukan pihaknya diberbagai daerah di Indonesia termasuk di Bali merupakan upaya untuk mencapai target kunjungan wisatawan untuk berkunjung ke NTT yang disebut pula sebagai destinasi “eksotik NTT”. Melalui kegiatan ENTEF 2018 di Bali diharapkan dapat menarik jumlah peserta untuk mengikuti Tour de Timor”, sekitar 20 hingga 30 persen yang berasal dari turis mancanegara. “Destinasi di daratan timur banyak yang bisa dinikmati wisatawan, misalnya suatu kehidupan di atas awan,” tuturnya.

Berbeda dengan Tour de Flores yang mengedepankan race atau ada unsur lomba, Tour de Timor lebih menekankan bersepeda santai sambil tour sehingga tidak fokus pemenang. Tour de Timor yang berlangsung tang berlangung selam 5 hari akan mengambil titik start dimulai di Kabupaten Malaka yang berbatasan dengan negara Timor Leste.

Penyelenggaraan ENTEF 2018 mendapatkan dukungan penuh dari Flobamora Bali yang merupakan paguyuban suka suka warga NTT yang bermukim di Propinsi Bali. Provinsi NTT yang dikenal dengan destinasi Pulau Komodo itu diharapkan pada tahun ini dikunjungi sekitar 3 juta wisatawan mancanegara (wisman). “Tahun 2017 lalu kunjungan wisman ke NTT mendekati angka 3 juta. Diharapkan 2019 nanti semakin banyak yang berkunjung sehingga target bisa dicapai,” imbuh Ronny.(rls/blt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here