Platform Digital Boost Dukung Sanur Village Festival (SVF) 2018

Platform Digital Boost Dukung Sanur Village Festival (SVF) 2018
Foto : Acara konferensi pers penyelenggaraan Boost Sanur Village Festival di Artotel Hotel, Senin (20/8).

Buletin Dewata, Denpasar.

Sanur Village Festival yang masuk dalam 10 besar event terbaik di Kementerian Pariwisata kembali digelar pada 22-26 Agustus 2018 di Pantai Matahari Terbit, Sanur Denpasar. Mengangkat tema Mandala Giri pelaksanaan Sanur Village Festival tahun ini lebih mengedepankan aktivitas lingkungan, seni budaya, hiburan, sport, kuliner serta pariwisata dengan dukungan kemajuan teknologi informasi digital.

Ketua Umum kegiatan Sanur Village Festival (SVF) Ida Bagus Gede Sidharta Putra yang akrab disapa Gusde menyampaikan nama dari SVF tahun ini adalah Boost Sanur Festival, berbeda dengan tahun lalu yaitu Britama Sanur Festival. Pihaknya bersama komunitas dan stakeholder pariwisata di Sanur senantiasa terus melakukan terobosan guna memberi layanan pariwisata yang sehat, nyaman dan efesien.

Diakui Gusde, wisatawan yang kini didominasi generasi milenial yang melek teknologi lebih menginginkan praktik pariwisata yang mudah, cerdas, aman dan semuanya serba digital. Guna menangkap peluang dari tuntutan zaman ini maka penyelenggaraan SVF tahun ini menggandeng platform digital Boost. Melalui Boost Sanur Village Festival 2018 diharapkan dapat membawa perubahan pada ekonomi bisnis pariwisata dalam banyak hal. “Di tengah persaingan antar destinasi yang kian sengit, Sanur harus kreatif menawarkan sesuatu yang menarik perhatian wisatawan,” ujarnya.

Berbagai jenis layanan dalam satu aplikasi akan tersedia di SVF 2018, di antaranya transpor mobil listrik, direktori bisnis dan UKM, pembayaran nontunai, serta sejumlah fasilitas lain yang sudah disiapkan. “Sanur sebagai ruang publik yang padat perlu pembenahan yang mendasar dalam layanan transportasi di antaranya dengan uji coba penggunaan tiga mobil listrik bergerak (electric shuttle car) berkapasitas 14 penumpang yang akan melayani warga maupun wisatawan di Sanur,” terang Gusde saat konferensi Pers di Atotel Hotel, Senin (20/8).

Gusde yang juga Ketua Yayasan Pembangunan Sanur menambahkan pada acara seremonial pembukaan Boost Sanur Village Festival, Kamis, 23 Agustus 2018 juga akan diluncurkan Gowes, yaitu aplikasi layanan penyediaan sepeda yang nyaman, mudah, dan ramah bagi pengendara. “Disepanjang pantai dan Jalan Danau Tamblingan akan terdapat 12 titik yang menyediakan 110 sepeda Gowes. Kami akan menambah fasilitas ini hingga 300 unit sepeda. Sepeda merupakan salah satu alat transportasi ramah lingkungan yang bisa digunakan wisatawan menjangkau seluruh wilayah sanur,” tuturnya,

Sementara itu,Director of Business Operation Axiata Digital Services Indonesia (ADSI) Wendhyharto Kusumaatmadja sebagai pihak sponsor utama menjelaskan Boost merupakan platform ekonomi digital milik PT Axiata Digital Service Indonesia yang menjadi anak perusahaan dari Axiata Digital Services Sdn Bhd, Malaysia. Keikutsertaan Boost dalam SVF tahun ini untuk meramaikan era digital destinasi wisata yang turut berkembang sesuai kemajuan teknologi informasi dan komunikasi saat ini.

“Selaku anak perusahaan Axiata Digital Dervice Malaysia yang fokus pada pelayanan digital servis, memilih Bali berdasarkan apa yang kami lihat dan amati bahwa masyarakat Bali sangat terbuka dengan perkembangan ekonomi digital dan selanjutnya akan bisa mempertemukan pelaku ekonomi lewat platform digital,” terangnya.

Dijelaskan Wendyharto, Boost yang menjadi metode transaksi utama selama SVF 2018 akan dapat meningkatkan jumlah usernya. Para pengunjung tinggal scan barcode pada setiap merchant di SVF dan transkasi ke merchant akan dibayarkan sesuai dengan nominal rupiah yang tercatat pada aplikasi. Pengunjung dapat mengisi banyaknya uang eletronik pada Boost Cash pun sesuai dari top up yang diinginkan.

“Di Sanur Village Festival 2018, kami mulai meluncurkan Boost Cash berbasis e-money yang berkolaborasi dengan pihak bank. Transaksi pada dasarnya dapat dilakukan dengan menggunakan smartphone jenis apapun, kemudian pengunjung melalukan top up seusai nominal yang diinginkan dan digunakan untuk transaski selama acara,” ujarnya.(blt)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *