Bulfest (Buleleng Festival) 2018 Tampilkan Ragam Seni Etnis Lokal

0

Bulfest Tahun 2018 Tampilkan Beragam Kesenian Etnis Lokal

Buletin Dewata, Buleleng.

Bulfest atau Buleleng Festival tahun 2018 dimeriahkan dengan beragam pementasan kesenian dari sejumlah etnis di Buleleng. Gelaran seni, budaya, dan kuliner ini menggelorakan tema ‘’The Spirit of Pluralism’’ sebagai wujud menghargai keberagaman akulturasi budaya. Bulfest ke IV ini dibuka secara resmi oleh Staf Ahli Bidang Multikultural Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI Dra. Esthy Reko Astuty, M.Si., di Panggung Utama, Kawasan Tugu Singa Ambara Raja, Singaraja, Kamis (2/8).

Ajang Bulfest setiap tahunnya senantiasa menampilkan kegiatan-kegiatan yang spesifik. Pada tahun 2018, Pemerintah Kabupaten Buleleng mengajak seluruh masyarakatnya dari beragam etnis untuk bersama-sama membangun daerahnya. Pembukaan Bulfest diawali dengan pementasan tari Legong Tombol, tari Baris Gede, Kesenian Budrah dan pementasan Barongsai yang merepresentasikan pluralisme kebudayaan dari beragam etnis. Aksi kesenian ini sangat memukau ribuan penonton yang berada di Tugu Singa Ambara Raja, Buleleng.

Salah satu tarian yang disuguhkan dalam upacara pembukaan adalah Tarian Kreasi Rang-Rang dari Sanggar Shanti Budaya. Tarian Rangrang ini secara filosofi berarti warna-warni, yang melambangkan pluralisme atau keberagaman dari kehidupan masyarakat di Buleleng. Tarian ini ditarikan 58 penari yang tampil atraktif di atas panggung mewakili empat etnis, yakni Tionghoa, Bali, Muslim, dan Kristen yang hidup bersama di Buleleng.

Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana menyampaikan penyelenggaraan Bulfest sudah menjadi festival yang diperhitungkan di tingkat nasional. Hal ini terbukti dimana dari 100 kegiatan pariwisata, Bulfest masuk sebagai salah satu agenda kegiatan dalam Calendar of Event Kementrian Pariwisata RI tahun 2018. Selain itu, Buleleng festival tahun lalu telah berhasil menjadi festival terfavorit ketiga nasional. Hal ini juga menandakan bahwa Buleleng berada pada jalur yang benar, untuk pengembangan potensi kesenian dan kebudayaan di daerahnya.

“Dahulu diawal kegiatan ini menghadapi adanya pro dan kontra, namun sekarang event inin ditunggu-tunggu dan saya kira apa yang kita lakukan ini dalam track yang benar untuk mengembangkan potensi pariwisata, kesenian, kerajinan, kuliner dan UKM. Karena hampir setiap tahun ajang ini selalu menampilkan hal yang spesifik,” ujarnya.

Sementara itu, Staf Ahli Bidang Multikultural Kemenpar Dra. Esthy Reko Astuty sangat mengapresiasi langkah dan upaya yang dilakukan Pemkab Buleleng yang secara rutin menyelenggarakan festival budaya di daerahnya. Diakui dengan dukungan potensi wisata alam dan budayanya maka pariwisata di Bulekeng tidak kalah jika dibandingkan dengan daerah lainnya di Indonesia.

Buleleng Festival (Bulfest) ke IV Tahun 2018
Foto : Pembukaan Buleleng Festival (Bulfest) ke-6 tahun 2018, di Panggung Utama, Kawasan Tugu Singa Ambara Raja, Singaraja, Kamis (2/8).

Pembukaan Bulfest tahun 2018 turut dihadiri sejumlah pejabat penting di Bali diantaranya Gubernur Bali Made Mangku Pastika, Gubernur Bali terpilih Wayan Koster bersama Wakilnya Tjokorda Artha Ardana Sukawati, Pangdam IX Udayana Mayjen TNI Benny Susianto dan Anggota DPRD Bali.

Bulfest tahun 2018 yang berlangsung selama 4 hari dari tanggal 2 – 6 Agustus 2018 selain menampilkan potensi seni dan budayanya juga diisi dengan pameran kerajinan dan pameran kuliner khas Buleleng yang letak areanya tak jauh dari panggung utama. Buleleng Festival yang dilaksanakan setiap tahun di bulan Agustus telah menjadi agenda pariwisata nasional yang dipromosikan dalam Wonderful Indonesia. Bulefst 2018 menargetkan kedepan akan mengoptimalkan penggalian seluruh potensi, baik itu kesenian, kebudayaan maupun UKM di Buleleng. Hal ini dilatar belakangi masih banyak seni dan budaya Buleleng yang masih tersembunyi.

Mendekati malam hari antusiasme pengunjung menyaksikan Bulfest semakin membludak, setelah grup musik dan penyanyi band lokal Tamba Ning Gita dan Dorayaki Band serta Lolot Band menghibur masyarakat Buleleng dengan lagu-lagu andalannya dan membuat suasana Bulfest 2018 makin meriah.(blt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here