Festival Sri Jagannatha Ratha Yatra Nusantara di Bali Diikuti Ribuan Peserta

Festival Sri Jagannatha Ratha Yatra Nusantara di Bali Diikuti Ribuan Peserta
Foto : Rombongan pawai Festival Sri Jagannatha Ratra Yatra Nusantara menarik kereta arca suci dari lapangan Puputan Margarana Niti Mandala Renon, Denpasar, Minggu (15/7).

Buletin Dewata, Denpasar.

Ribuan orang berkumpul dan mengikuti Festival Sri Jagannatha Ratha Yatra Nusantara untuk memohon karunia penguasa alam semesta untuk persatuan, kedamaian dan kesejahteraan bangsa dan negara. Festival Sri Jagannatha Ratha Yatra Nusantara dilaksanakan oleh International Society For Krishna Consciusness (ISCON) di Parkir Timur Lapangan Puputan Margarana Niti Mandala, Renon Denpasar, mulai 14-15 Juli diikuti ribuan peserta

Setiap tahun arca suci Sri Jagannatha, Balabhadra dan Subadra keluar dari kuil dengan mengendarai kereta-kereta besar diiringi prosesi yang meriah. Perayaan ini disebut Ratra Yatra yang dilaksanakan pada hari kedua paruh bulan terang, di bulan Asadha atau Juli. Atas prakarsa Sri Srimad A.C. Bhaktivedanta Swami Srila Prabupada, selaku Acarya pendiri The International Society For Krishna Consciusness (ISCON) atau yang lebih dikenal dengan Gerakan Rohani Hare Krishna, Festival Sri Jagannatha Ratha Yatra Nusantara dapat dilaksanakan di Bali.

Diawali persembahan tarian Rejang Renteng, tiga kereta yang didalamnya berisikan arca suci simbol Dewa Krishna, Sri Balarama, dan Sri Subadra Devi ditarik dan diiringi dengan nyanyian-nyanyian pemujaan Sri Krishna. Kereta dan rombongan pawai berjalan sekitar pukul 15.30 Wita, dari Lapangan Timur Puputan Margarana Niti Mandala menuju jalan raya dan berkeliling di seputaran kawasan Renon serta kembali ketempat semula.

Ketua Perkumpulan ISCON I Nengah Wijana, mengatakan, kegiatan yang digelar tahunan ini melibatkan seluruh Ashram Krishna yang ada di Bali. Dengan simbol abstraknya penganut ajaran Krishna memuja dan memuliakan Tuhan sebagai wujud Krishna sebagai simbol maha pengasih.Penyelenggaraan festival Sri Jagannatha Ratha Yatra Nusantara bertujuan untuk memohon karunia penguasa alam semesta untuk persatuan, kedamaian dan kesejahteraan bangsa dan negara.

“Kalo di Bali kita punya Sang Hyang Jagatnatha, Jaganatha artinya penguasa alam semesta. Festival ini diadakan larena tidak semua orang dapat datang ke kuil sehingga setiap tahun sekali arca penguasa alam semesta yang kita puja diiring keluar untuk memberikan Darsan atau kesempatan kepada masyarakat luas ikut berdoa mohon karunia penguasa alam semesta untuk persatuan, kedamaian dan kesejahteraan bangsa dan negara,” terangnya.

Tak hanya di Bali, Sri Jagannatha Ratha Yatra telah diselenggarakan dari pelosok desa sampai ke kota – kota besar di Indonesia. Festival ini dapat diikuti semua orang, bukan saja para pemuja Jagatnnatha, para pengikut Veda atau pun umat Hindu saja, namun seluruh lapisan masyarakat dapat merasakan kehadiran Tuhan dan kerajaan Cinta Kasih-Nya. Festival ini juga turut dihadiri perwakilan Gubernur Bali dari Birokesra Provinsi Bali, Dirjen Bimas Hindu RI, Ketua Dharma Adhyaksa PHDI Pusat dan Ketua PHDI Bali.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *