Parade Jukung Hias Meriahkan Festival Bahari Klungkung

0

 

Parade Jukung Hias Meriahkan Festival Bahari Klungkung

Buletindewatadewata.com, Klungkung.

Dalam rangka memperingati hari nelayan ke-58, Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Klungkung menggelar Festival Bahari di Pantai Segara, Kusamba, Klungkung, selama 3 hari mulai tanggal 21 hingga 23 Mei 2018.

Memasuki hari ke 3, jelang penutupan, Festival Bahari yang mengangkat tema Melalui Festival Bahari Menginspirasi Peningkatan Potensi Sumber Daya Masyarakat Perikanan dan Kelautan, ini dimeriahkan dengan parade lomba Jukung (perahu) nelayan yang dihias sangat menarik.

Sebelum parade jukung dilepas panitia lomba melakukan penilaian kerapian hiasan 79 jumlah jukung para peserta. Selanjutnya parade jukung hias yang berjejer dari pantai Segara dilepas Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Klungkung di pantai Monggalan Kusamba, menuju rute pesinggahan, tegal besar dan finish di pantai Segara Kusamba. Mulai start hingga finish peserta diberikan waktu tempuh selama 1 sampai 2 jam, dan setibanya di tempat finish jukung hias ini kembali periksa dan dinilai kelengkapannya.

Parade Jukung Hias Meriahkan Festival Bahari Klungkung

Kadis ketahanan pangan dan perikanan Kabupaten Klungkung, I Wayan Durma ditemui disela-sela lomba mengatakan jumlah nelayan di Klungkung terus berkurang akibat kurangnya minat generasi muda menekuni profesi ini. Para nelayan juga enggan melaut akibat faktor cuaca yang menyebabkan berkurangnya tangkapan ikan. Melalui kegiatan diharapkan dapat meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap bahari, serta bertujuan meningkatkan harkat, martabat, dan taraf hidup nelayan. Festival Bahari ini juga diharapkan mampu mendukung kegiatan pariwisata di kabupaten Klungkung.

“Kami berkeinginan sekali dalam Festival Bahari ini untuk membangkitkan gairah dan semangat dari para nelayan, para pembudidaya dan pelaku usaha. Diharapkan festival ini dapat merubah pola pikir masyarakat, stake holder untuk meningkatkan kepekaan dalam rangka meningkatkan produktivitas produksi para nelayan dan pembudidaya. Melalui temu kemitraan kemarin kita juga sepakat membentuk aosiasi perkumpulan pelaku usaha khusunya di budidaya dan akan koordinasi secara berkelanjutan,” ujar Durma.

Selain parade lomba jukung hias, Festival Bahari yang baru pertama kali digelar di Kabupaten Klungkung diisi dengan berbagai kegiatan dan lomba diantaranya sarasehan, lomba mancing, lomba merajut jaring dan lomba photo bahari untuk tingkat SMA/SMK. Stand pameran kuliner juga dihadirkan dalam event ini dengan menampilkan berbagai produk olahan masakan ikan laut hasil produksi masyarakat nelayan sekitar.(blt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here