WISATAWAN NIKMATI SUASANA MENYAMBUT NYEPI DI BALI

Buletindewata.com, Badung.

Menyambut Hari Suci Nyepi Caka 1939 yang jatuh pada Selasa 28 Maret 2017, seperti setiap tahunnya berbagai ritual diselenggarakan di seluruh penjuru Pulau Bali. Mulai dari upacara Melasti, yaitu proses pembersihan diri, malam pengerupukan yaitu festival ogoh-ogoh, dan juga Hari Suci Nyepi itu sendiri dimana semua orang dilarang beraktivitas di luar rumah.
Pada perayaan Nyepi tahun ini, salah satu hotel di Kuta mengajak para tamunya untuk menikmati pengalaman menjadi juri lomba ogoh-ogoh yang diselenggarakan di Jalan Legian, Kuta, Badung,  27/3/2017 lalu.

Marcomm Officer Aston Kuta Hotel & Residence, Rizka Fitriana menjelaskan terdapat 13 ogoh-ogoh yang dilombakan. Para tamu kata dia dipersilahkan untuk menilai kreativitas masyarakat Kuta baik dari segi nilai budaya dan keindahan serta memilih ogoh-ogoh yang merupakan favorit mereka.

Bentuk ogoh-ogoh yang dilombakan berasal dari cerita-cerita rakyat kepercayaan dari masyarakat Bali. Tidak hanya ikut meramaikan festival sebagai juri, para tamu juga diajak untuk belajar membuat canang, yaitu persembahan yang terbuat dari daun kelapa dan dihiasi dengan bunga. “Untuk melengkapi makna Nyepi, para tamu diajak untuk melakukan yoga yang berasal dari filosofi Hindu bertujuan untuk menyatukan diri dengan alam melalui meditasi,” katanya.

Salah seorang tamu hotel, Sandec Sahetapy mengatakan baru pertama kali merasakan pengalaman Nyepi di Bali dan mengikuti festival ogoh-ogoh. “Acaranya keren sekali dan semoga tahun depan saya bisa kembali lagi,” ucapnya yang juga Ketua Yayasan Cinta Budaya Indonesia.

Berbagai acara yang diselenggarakan pada Hari Suci Nyepi ini ditujukan tidak hanya untuk membersihkan diri, tetapi juga membersihkan alam semesta untuk menyambut tahun yang baru. Tidak adanya aktivitas pada saat Nyepi membuat udara menjadi bersih, dan tanpa adanya penerangan yang dinyalakan, masyarakat Bali dapat menyaksikan momen langka indahnya langit malam bertaburan bintang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *