Rayakan HUT, BKS LPD Karangasem Gelar Aksi Bersih-bersih di Pantai Jasri

Rayakan HUT, BKS LPD Karangasem Gelar Aksi Bersih-bersih di Pantai Jasri

Buletin Dewata, Karangasem.

Badan Kerjasama (BKS) LPD Kabupaten Karangasem kini genap berusia dua dasawarsa. Dalam hari ulang tahunnya yang ke 20 ini, digelar kegiatan bakti sosial dengan mareresik atau bersih-bersih di Pantai Jasri, Kamis (12/9/2019). Acara ini diikuti oleh seluruh pengurus BKS LPD dan pegawai LPD di Kecamatan Karangasem.

Peserta tampak semangat dan antusias membersihkan pantai yang menjadi lokasi berwisata sekaligus genah melasti ini. Kegiatan ini juga sejalan dengan semangat pemerintah provinsi yang menggemakan Nangun Sat Kerthi Loka Bali.

Ketua BKS LPD Karangasem, Drs Made Mastiawan mengatakan, kegiatan bersih sampah plastik di pantai merupakan agenda yang rutin dilaksanakan setiap tahun oleh pihaknya.

“Tahun ini kami memilih Pantai Jasri karena pantai ini merupakan pantai yang banyak dikunjungi masyarakat Karangasem. Di samping juga untuk tempat melasti setiap ada upacara,” ujarnya kepada Balibanknews.

Acara mareresik di Pantai Jasri dimulai pukul 07.00 Wita dan berakhir pukul 09.00 Wita. Dua jam bersih-bersih, sampah plastik yang terkumpul cukup banyak. Made Mastiawan berharap, kegiatan ini bisa menjadi contoh bahwa lembaga keuangan milik adat bisa menjadi pelopor kebersihan dan cinta lingkungan.

“Selaku pengelola lembaga keuangan miiki adat, kami dapat menjadi pelopor dalam mewujudkan program pemerintah Bali. Kami berharap semangat ini menyebar dan Karangasem bisa terbebas dari sampah plastik,” paparnya.

Selain BKS dan LPD, Dinas Koperasi UMKM Karangasem serta Bank BPD Bali Cabang Karangasem juga turut serta. Mastiawan yang juga Ketua LPD Sibetan ini berharap melaui peringatan HUT BKS LPD yang ke-20 tahun ini, pihaknya bisa mengambil peran lebih aktif lagi demi menjaga ajegnya desa adat, budaya serta kebersihan di lingkungan Kabubaten Karangasem.

Untuk diketahui, puncak HUT akan dilaksanakan Minggu (15/9/2019). Dalam acara tersebut akan digelar jalan sehat di Wantilan Desa Adat Jasri. Ia meminta seluruh LPD yang ada di Karangasem ikut berpartisipasi dalam acara puncak ini.

Sementara itu, Kasi DJA Bank BPD Bali Cabang Karangasem, I Ketut Guna Aksara mengapresiasi gerakan bersih pantai ini. Terlebih pantai adalah tempat suci bagi umat Hindu. Untuk itu, ia berjanji mendukung penuh setiap kegiatan positif yang dilakukan oleh LPD.

“Jadi dengan ini LPD sudah ikut menjaga kebersihan pantai. Kami selaku mitra LPD akan selalu mensuport setiap kegitan yang di laksnakan LPD, di samping itu pula di HUT BKS LPD yang ke-20 ini kami adalah sponsor utama acara jalan sehat. Ke depannya kami tetap berkomitmen menjaga kepercayaan yang sudah LPD berikan pada kami,” paparnya.

Pemucuk LPD Waringin, I Ketut Muka menyambut baik adanya pelaksanaan bersih-bersih pantai. Ia berharap gerakan ini tetap dilakukan secara berkesinambungan. “Semoga kegiatan ini secara rutin bisa dilakukan. Semoga di HUT BKS LPD yang ke-20 tahun ini, kita di BKS semakin solid dan LPd Kabupaten Karangasem makin kompak dan maju,” tutur Ketut Muka.(rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *