BPD Bali Cabang Gianyar Gelar Pelatihan Analisa & Penyelamatan Kredit Bagi LPD

BPD Bali Cabang Gianyar Gelar Pelatihan Analisa & Penyelamatan Kredit Bagi LPD
Foto : BPD Bali Cabang Gianyar gelar pelatihan analisa & penyelamatan kredit bagi LPD, di Plut KUMKM Samuan Tiga, 19- 22 Agustus 2019.

 Dewata, Gianyar.

Bank Pembangunan Daerah (BPD) Bali kian gencar meningkatkan sumber daya manusia (SDM) Lembaga Perkreditan Desa (LPD) yang ada di Kabupaten Gianyar melalui pelatihan-pelatihan.

Bank BPD Bali Cabang Gianyar selama 4 hari mulai 19 hingga 22 Agustus 2019 memberikan pelatihan kepada 140  LPD terkait analisa kredit serta penyelamatan kredit di Plut KUMKM Samuan Tiga, Gianyar.

KADIV DJA BPD Bali yang juga mewakili Direktur Utama BPD Bali, Ida Bagus Nyoman Suryantara menyampaikan, dengan adanya pelatihan kredit bagi LPD ini semakin menjaga sinergi antara BPD Bali dengan LPD. Sehingga hubungan yang sudah terjalin erat selama ini tetap tidak tergoyahkan. “Oleh karena itu ke depan, program ini akan terus kita dukung dari kantor pusat,” terangnya, Senin (19/8) di Gianyar.

Kepala Bank BPD Bali Cabang Gianyar, Ni Nyoman Sri Utari Tresna SE, mengungkapkan bahwa acara yang dilaksanakan ini merupakan bentuk komitmen BPD Bali khususnya Cabang Gianyar sebagai wujud terima kasih terhadap kepercayaan LPD. “Dengan adanya pelatihan kepada LPD, kita lebih membuat kepercayaan semakin meningkat,” ucapnya.

Pelatihan yang dilaksanakan selama 4 hari ini akan menyampaikan beberapa materi penting kepada peserta, terutama terkait analisa kredit serta strategi penyelamatan kredit. “Kita melibatkan langsung dari  kantor pusat serta Cabang Gianyar, baik itu dalam hal terkait strategi penyelamatan kredit dalam memaparkan materi yang kita berikan,” beber Tresna.

Dia berharap, melalui acara pelatihan ini akan lebih menambah serta meningkatkan pengetahuan para pegawai LPD. Sehingga akan membuat kepercayaan diri LPD dalam menyalurkan kredit. “Yang jelas apa yang diketahui di BPD kita akan bagikan  ilmunya ke LPD. Oleh karena itu, ke depannya kita akan terus memberikan pelatihan pada LPD yang ada di Kabupaten Gianyar khususnya di 4 kecamatan dan tergantung permintaan LPD,” urainya.

BPD Bali Cabang Gianyar Gelar Pelatihan Analisa & Penyelamatan Kredit Bagi LPD

Kasi DJA BPD Bali Cabang Gianyar, I Made Dwi Premana sangat mengapresiasi pelatihan yang dilakukan oleh BPD kepada LPD. Tentunya ini sangat penting dilakukan untuk seluruh LPD yang ada di 4 kecamatan diantaranya Kecamatan Gianyar, Blahbatuh, Sukawati serta Tampaksiring. Dari jumlah 140 LPD di Gianyar memiliki total dana pihak ketiga (DPK) atau dana yang di tempatkan LPD di Bank BPD Bali Cabang Gianyar hingga Juli 2019 sebesar Rp 360 miliar.

“Dengan adanya pelatihan ini akan lebih membuat tingkat kepercayaan LPD dengan BPD semakin meningkat. Sehingga kita akan tetap memberikan komitmen dalam layanan terbaik pada LPD,” ujarnya.

Kabid UMKM Gianyar, I Nyoman Agus Sukarya Yasa, berharap dengan adanya pelatihan ini bisa lebih menekan permasalahan kredit seperti NPL (non performing loan) atau kredit bermasalah di LPD masing-masing. “Adanya pelatihan ini bisa lebih membuat tingkat kesehatan LPD semakin meningkat, sehingga ke depannya pelatihan ini dapat rutin dilaksanakan agar membuat LPD semakin berkembang,” katanya.

I Dewa Nyoman Setiawan, SE,MM, selaku SOR PNK Devisi Kredit Bank BPD Bali juga menyambut baik pelatihan ini. “Terhadap LPD ini, kita harapkan semakin bersinergi untuk semakin bertumbuh dengan BPD Bali,” harap Setiawan.

Ni Ketut Asih, dari LPD Bukit Jati pun menyambut baik adanya pelatihan ini. Dia mengaku mendapat banyak ilmu terkait analisa kredit. “Kita banyak diberikan ilmu oleh BPD Bali Cabang Gianyar,” tuturnya.(adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *