HUT ke-27 Tahun LPD Kerobokan Capai Aset dan Laba Membanggakan

HUT ke-27 Tahun LPD Kerobokan Capai Aset dan Laba Membanggakan
Foto : Suasana perayaan HUT ke-27 tahun LPD Kerobokan.

Buletin Dewata, Badung.

Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Kerobokan tahun 2019 ini mampu meraih pencapaian aset yang membanggakan hingga tembus Rp 430 miliar. Diusia yang ke-27 tahun, LPD Kerobokan menunjukkan kinerja positif. Bahkan perayaan HUT LPD Kerobokan tahun ini berlangsung sangat meriah dengan banjir hadiah yang dihadiri Koordinator LPLPD, Kepala Bank BPD Bali Cabang Badung dan Capem Legian.

Pemucuk LPD Kerobokan, I Ketut Sender, SE,MM, disela sela acara HUT yang ke-27, Senin (6/5) menyampaikan bahwa LPD ini awalnya berdiri tahun 1992 dengan modal Rp 5 juta. Kemudian dalam perjalanan selalu mengalami pertumbuhan aset.

“Semua pencapaian yang kita raih saat ini tentunya berkat dukungan semua pihak baik itu masyarakat Kerobokan yang ada di 50 banjar adat yang selama 27 tahun telah mempercayakan dananya tetap setiap di tempatkan di LPD,” katanya.

Disamping itu pula tingkat pertisipasi krama/warga dalam memanfatakan program unggulan LPD cukup tinggi. Begitupun peran badan pengawas, bendesa adat dan dibantu sepenuhnya oleh tokoh-tokoh masyarakat Kerobokan. “Mereka semua telah banyak membantu kita di LPD serta yang lebih penting juga adanya kerja keras dan juga kerja sama yang baik, bahu membahu seluruh karyawan dan karyawati di LPD. Sehingga LPD semakin dipercaya krama,” sebut Sender.

Dikatakannya, dalam kurun waktu 27 tahun keberadaan LPD Kerobokan tentunya telah banyak berkontribusi untuk desa adat maupun masyarakat di 50 banjar tersebut.

HUT ke-27 Tahun LPD Kerobokan Capai Aset dan laba Membanggakan

Pada akhir 2018 aset tercatat Rp 413 miliar dengan laba mencapai Rp 8,5 miliar. “Sedangkan hingga akhir Maret ada kenaikan aset hingga mencapai Rp 430 miliar. Dimana setiap ada piodalan pada tiap banjar, kita berikan satu juta per banjar. Kemudian setiap ada kegiatan Sekaa Taruna Teruni ( STT) baik kegiatan olahraga maupun ulang tahun, kita LPD yang mendukung semua dananya. Semua yang kita berikan sebagai bentuk perhatian LPD,” jelas Sender.

Lebih lanjut dia menyampaikan, untuk menambah minat warga dalam memanfaatkan kredit LPD, dari awal tahun 2019 telah diluncurkan Kredit Tanpa Agunan (KTA) dengan pinjaman yang diberikan mulai dari Rp 5 juta sampai Rp 15 juta. KTA khusus dierikan untuk masyarakat yang mau membuka usaha kecil. Semenjak diluncurkan produk kredit tersebut disambut antusias oleh nasabah.

Dia menyebutkan, hingga Maret 2019 total kredit yang sudah disalurkan mencapai Rp 3 miliar lebih. Selain itu dengan dukungan 73 orang staf dan karyawan LPD juga 2 kantor cabang serta satu kantor pusat pihaknya optimistis diusai ini LPD Kerobokan akan terus memperbaiki pelayanan baik pada masyarakat serta nasabah.

“Di tahun 2019, LPD akan segera meluncurkan LPD Mobile serta internet banking yang berbasis IT dengan bekerja sama dengan PT Yusi. Dimana nantinya setiap transaksi di LPD memakai aplikasi cukup dengan HP saja. Jadi masyarakat bisa mengawasi LPD sendiri, oleh karena saya barharap kepercayaan yang sudah krama berikan dapat terus lebih ditingkatkan,” imbuh Sender.

Bendesa Adat Kerobokan, Anak Agung Putu Sutardja, SH mengaku sangat bangga atas kinerja para pengurus LPD dari tahun ke tahun perkembangannya sangat positif.  “Kita di desa adat sangat merasakan kontribusi LPD yang begitu besar khususnya di Pura Kahyangan Tiga. Atas kontribusi yang sudah LPD berikan, kami mewakli masyarakat mengucapkan terima kasih. Sehingga diusia 27 tahun ini LPD kita harapkan lebih maju, berkembang dalam memberikan asas manfaat baik ke desa adat. Kita selaku bendesa adat akan tetap mendukung penuh setiap program- program yang ada di LPD. Kepada seluruh masyarakat Kerobokan mari manfaatkan laba Pura Desa, sehingga LPD maju masyarakat sejahtera,” bebernya.(rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *