Layanan Online Beri Peluang KSP Sari Parama Dana Berkembang Lebih Luas

0
Layanan Online Beri Peluang KSU Sari Parama Dana Berkembang Lebih Luas
Foto : Rapat anggota tahunan (RAT) Koperasi Sari Parama Dana.

Buletin Dewata, Gianyar.

Koperasi di Kabupaten Gianyar pada tahun 2019 ini tampak lebih baik jika dilihat dari perkembangan keanggotaan maupun aset misalnya Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Sari Parama Dana di Desa Puhu, Payangan Kabupaten Gianyar. Ketua Pengurus, I Made Sila, Sabtu (4/5) menyampaikan telah melakukan Rapat Anggota Tahunan (RAT) pada 16 Februari 2019 lalu.

Saat ini tercatat jumlah keanggotaan meningkat signifikan dari awalnya 25 anggota namun pada tutup buku 2018 menjadi 275 anggota yang tersebar di 6 kabupaten di Bali yaitu Gianyar 223 orang, Bangli 24 orang, Denpasar 21 orang, Badung 5 orang, Jembrana 1 orang dan Buleleng 10 orang. Adapun aset tercatat Rp7,1 miliar dengan SHU Rp 255 juta.

Dikatakannya, mulai tahun ini pihaknya akan menuju koperasi provinsi berbasis online yaitu melalui perubahan anggaran dasar (PAD). Sehingga koperasi memiliki peluang untuk berkembang lebih luas dan tidak melanggar perundang-undangan serta peraturan koperasi yang ada. Perubahan layanan yang berbasis digital ini menjadi peluang dan tantangan ke depan pada era global revolusi industri 4.0. Hal itu dilakukan lewat perubahan kecepatan, kemudahan dan kemurahan yang menjadi perhatian agar memunculkan peluang untuk berkarya dan bekerja sebagai tantangan

Layanan Online Beri Peluang KSU Sari Parama Dana Berkembang Lebih Luas

Kasi Penyuluh Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Gianyar, Nyoman Kartika mengajak masyarakat untuk berbangga menjadi anggota koperasi. Sebab, koperasi semakin menunjukkan kemajuan. Pihaknya pun sependapat dengan keinginan pengurus koperasi untuk bisa naik kelas, naik jenjang dari koperasi binaan Kabupaten Gianyar menjadi koperasi binaan Provinsi Bali. “Ini tentunya membuat wilayah kerja lebih luas,” katanya.

Proses ini pun memerlukan syarat dan perlengkapan administrasi yang lengkap dan juga akta notaris. Di Gianyar saat ini terdapat sebanyak 1.222 koperasi. Sementara itu Ketua Dewan Koperasi Indonesia Daerah Gianyar atau Dekopinda, I Ketut Saban menekankan pengawasan dan fungsi pengawas intern akan lebih mampu menunjukkan peran untuk perkembangan koperasi ke depan. Diharapkan koperasi makin berkembang dan dapat menunjukkan kualitas sebagai jati diri koperasi dan mampu melayani anggota.(rls)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here