PDAM Gianyar Raih Penghargaan TOP BUMD of the Year 2019 dari Top Business

0
PDAM Gianyar Raih Penghargaan TOP BUMD of the Year 2019 dari Top Business
Foto : Penghargaan TOP BUMD of the Year 2019 diterima Direktur Utama PDAM Kab. Gianyar, Made Sastra Kencana di Hotel Sultan, Jakarta, Selasa (30/4). 

Bulein Dewata, Gianyar.

Atas peningkatan kinerja keuangan yang baik, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), Gianyar, behasil mendapatkan penghargaan TOP BUMD of the Year 2019 pada ajang TOP BUMD di Jakarta yang digelar PT. Madani Solusi Internasional (Madani Group) sebagai penerbit majalah Top Business.

TOP BUMD merupakan kegiatan pemberian award sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan tertinggi yang diberikan kepada BUMD-BUMD di Indonesia. Sebelum penghargaan tersebut diraih, ada sebanyak 1.149 BUMD se Indonesia, yang diseleksi hingga mengerucut menjadi 200 finalis, dan mengerucut lagi menjadi 162 BUMD.

Dalam siaran pers yang diterima buletindewata.com menyebutkan bahwa proses penilaian TOP BUMD, Dewan Juri menggandeng sejumlah lembaga penilai dan konsultan diantaranya Asia Business Research Center; Sinergi Daya Prima; PPM Manajemen; Harvard Business Review – Intellectual Business Community; Melani K. Harriman Associates; dan lain-lain.

Ketua Dewan Juri TOP BUMD 2019, Profesor Laode M Kamaludin, menjelaskan terdapat 2 kriteria yang dinilai dalam ajang ini, yakni kinerja terbaik dan membangun ekonomi daerah yang berkelanjutan. ”Jadi, kalau hanya berkinerja terbaik saja tetap tidak dapat menjadi BUMD of the year, namun BUMD tersebut harus relevan dengan tema Top BUMD 2019,” tegas Laode.

PDAM Kab. Gianyar dinilai mempunyai peningkatan kinerja keuangan yang baik, sehingga berhasil meriah penghargaan ini. Selain itu, untuk bidang keuangan dasar penilaiannya adalah manajemen keuangan yang mendukung upaya menumbuhkan nilai perusahaan dalam jangka panjang serta perusahaan yang mencapai kinerja keuangan yang terbaik.

Penghargaan TOP BUMD of the Year 2019 diserahkan langsung ketua penyelenggara M. Lutfi Handayani kepada Direktur Utama PDAM Kab. Gianyar, Made Sastra Kencana di Hotel Sultan, Jakarta, Selasa (30/4). Lutfi menyampaikan ajang TOP BUMD ini diselenggarakan untuk mendukung kebijakan dan program Kementerian Dalam Negeri RI yang sejalan dengan arah kebijakan pemerintah untuk mempercepat peningkatan kinerja BUMD dan pembangunan perekonomian di daerah.

“Melalui kegiatan ini diharapkan setiap BUMD dapat selalu terpacu untuk selalu melahirkan berbagai prestasi dan ikut serta memainkan peran penting di perekonomian nasional,” pungkasnya.

Sementara itu, Made Sastra mengungkapkan bahwa penghargaan yang diterima merupakan hasil kerja keras dari semua elemen yang ada di PDAM Kab. Gianyar dan dari dukungan para stakeholder seperti DPRD, Bupati selaku pemilik modal dan juga Dewan Pengawas “Sesuai dengan tujuan BUMD yang bukan hanya meningkatkan laba perusahaan, tapi keberadaan pdam harus memberikan manfaat untuk pelayanan bagi rakyat khususnya masyarakat Kab. Gianyar dan juga memberikan manfaat bagi perekenomian daerah, ” tegas Made.

Sebelumnya, Made Satra Kencana juga berhasil menyabet penghargaan Indonesian Figure Executive and Profesional Achievement pada ajang The Most Indonesian Leadership Figure Executive Award yang diselenggarakan oleh yayasan Citra Prestasi Anak Bangsa.di Hotel Grand Cempaka, Jakarta, Oktober 2018 lalu.

Prestasi ini diraih berkat kegigihan Made dalam memimpin PDAM Kab. Gianyar sejak Desember 2011 sampai dengan Desember 2015 dengan kondisi keuangan yang sangat sulit dimana kewajiban lebih besar dari ekuitas, dan memimpin kembali sejak Juni 2016 sampai sekarang.(yes)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here