Rp 4 Miliar Kerugian Kebakaran, Bandara Ngurah Rai Bali Operasikan Kembali Check In Counter di Terminal Domestik

Rp 4 Miliar Kerugian Kebakaran, Bandara Ngurah Rai Bali Operasikan Kembali Check In Counter di Terminal Domestik

Buletin Dewata, Badung.

Pasca Kebakaran, semua layanan check-in counter untuk penerbangan domestik yang sempat berpindah ke Terminal Internasional akan kembali beroperasi di Terminal Keberangkatan Domestik, Bandara Ngurah Rai Bali, per Selasa (23/4) esok.

General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Haruman Sulaksono mengatakan bahwa setelah dilakukan evaluasi menyeluruh pada kondisi terminal dan fasilitas meja check-in pasca insiden kebakaran, seluruh fasilitas yang terdampak dinyatakan laik beroperasi kembali.

“Kami sampaikan, layanan check-in counter seluruh penerbangan rute domestik dari semua maskapai akan kembali beroperasi di Terminal Keberangkatan Domestik, Selasa Besok” ujar saat di temui di Bandara setempat, Senin (22/4).

Layanan check-in untuk penerbangan rute domestik dari maskapai penerbangan yang sempat berpindah ke Terminal Internasional dan akan beroperasi kembali di Terminal Keberangkatan Domestik yaitu Air Asia, Travira Air, Lion Air, Wings Air, dan Batik Air.

Selain pengoperasian kembali seluruh meja check-in di terminal domestik, fasilitas lainnya yang juga dapat kembali digunakan meliputi eskalator dan elevator, mesin screening check-point 2 (SCP 2) di sisi barat juga telah kembali difungsikan. Sedangkan untuk pre screening check-point yang merupakan pemeriksaan keamanan tahap pertama bagi calon penumpang, akan dipersiapkan terlebih dahulu melalui sistem satu pintu.

Rp 4 Miliar Kerugian Kebakaran, Bandara Ngurah Rai Bali Operasikan Kembali Check In Counter di Terminal Domestik

Selain itu, sistem random checking_ yang akan dilakukan oleh personel Aviation Security serta optimalisasi kamera CCTV untuk profiling calon penumpang, turut serta akan diterapkan untuk menjamin keamanan dan keselamatan penerbangan. Dengan beroperasinya kembali seluruh meja check-in di terminal keberangkatan domestik maka diharapkan dapat mengembalikan standar pelayanan penumpang.

“Pengoperasian kembali seluruh meja check-in ini telah melalui serangkaian prosedur pengecekan, terutama dari sisi keamanan dan keselamatan. Dengan beroperasinya kembali seluruh check-in counter ini, kami harap dapat kembali memberikan kemudahan bagi seluruh penumpang,” imbuh Haruman.

Sebelumnya, pada Jumat (19/4) ,Kapolresta Denpasar AKBP Ruddi Setiawan telah mengumumkan hasil dari investigas olah TKP, diketahui kebakaran diakibatkan adanya konsleting pada Miniature Circuit Breaker (MCB) yang berada di Area ATM.

“Hasil pemeriksaan Labfor Forensik Mabes Polri Cabang Polresta Denpasar, lokasi api berada di panel room 02 atau Panel BBG 02. Hal ini dipicu akibat adanya kegagalan MCB di panel tersebut, sehingga terjadi akumulais panas yang membakar kabel MCB. Api kemudian membakar ruang check in domestik garuda dan dan ruang ATM,” kata Kapolresta saat press conference di Gedung Wisti Sabha Bandara Ngurah Rai, Minggu (21/4).

Sementara, terkait Kerugian akibat kebakaran di area terminal domestik Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali ditaksir mencapai Rp 4 miliar. “Jadi kami sudah menemukan perkiraan-perkiraan angka (kerugian) berkisar Rp 4 miliar. Ini akan kami persiapkan recovery perbaikan segera agar terminal domestik ini bisa berjalan kembali dengan normal,” Pungkas Haruman.(rhn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *