Jalan Sehat Berhadiah Meriahkan HUT LPD Angantaka ke-23

Jalan Sehat Berhadiah Meriahkan HUT LPD Angantaka ke-23
Foto : Saat perayaan HUT LPD Angantaka yang ke-23, Pemucuk LPD menyerahkan tumpeng kepada Bendesa Adat Angantaka, Minggu (3/3) di desa adat setempat, Badung.

Buletin Dewata, Badung.

Usia Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Angantaka memasuki 23 tahun. Hal ini menunjukkan semakin dewasa dalam melayani mayarakat dan tentunya akan menjadi momentum LPD untuk memberikan yang terbaik kepada desa adat. Demikian disampaikan saat perayaan HUT LPD Angantaka yang dimeriahkan dengan jalan sehat berhadiah diikuti ribuan krama di depan Wantilan Desa Angantaka, Badung, Minggu (3/3).

Pemucuk LPD Angantaka, Anak Agung Ngurah Pastika, BA, mengungkapkan bahwa kegiatan jalan sehat ini merupakan rangkaian HUT LPD yang ke-23. “Dimana kita ingin di usia LPD yang sudah dewasa ini akan lebih dalam melayani masyarkat,” katanya.

Dia menyebutkan aset LPD tahun 2017 mencapai Rp 18,6 miliar, sedangkan tahun 2018 meningkat hingga mencapai Rp 21,023 miliar. “Ada peningkatan aset sebesar 40%. Begitu juga dari laba LPD dimana tahun 2017 mencapai Rp 678,6 juta sedangkan tahun 2018 naik menjadi Rp 735 juta,” beber Pastika.

Kenaikan laba tersebut kata dia sebesar 8,36%. Kemudian jumlah kredit yang tersalurkan hingga akhir tahun 2018 mencapai Rp 9,5 miliar. Demikian juga dari modal LPD sendiri hingga akhir tahun 2018 mencapai Rp 3,8 miliar. “LPD ini dari tingkat kesehatan berkategori sehat,” cetusnya.

Lebih lanjut Pastika mengatakan, pinjaman dibawah Rp 50 juta diberikan bunga 1,7%. Kemudian diatas Rp 50 juta bunga yang berlaku 1,65%. “Sedangkan diatas Rp 100 juta bunganya 1,5%,” ujarnya.

Dikatakan Pastika, setiap ada Piodalan di Pura Kayangan Tiga, LPD Angantaka memberikan punia uang dalam waktu satu tahunnya mencapai Rp 30 juta. “Kita  berikan sebagai bentuk perhatian LPD atas kepercayaan masyarakat. Sehingga kedepannya dengan terus meningkatnya aset LPD maka kontribusi LPD ke krama akan terus kita tingkatkan,” terang Pastika.

Pihaknya juga menyampaikan terima kasih yang setinggi-tingginya pada para perangkat desa adat dan juga dinas yang selama ini telah banyak membantu LPD Angantaka. “Sehingga LPD Angantaka makin dipercaraya masyarakat,” imbuhnya.

Ida Bagus Ngurah, S.Ag, MSI selaku Bendesa Adat Angantaka, menyampaikan apresiasinya atas kinerja pengurus LPD yang sudah bisa memberikan yang terbaik untuk desa adat. “Kita selaku perwakilan masyarakat mengucapkan terima kasih atas kerja keras LPD. Sehigga kita khususnya di desa adat sangat merasakan sekali peran LPD terutama terkait setiap ada upacara yang di gelar desa adat,” ungkapnya.

Ngurah berharap pada seluruh masyarakat Angantaka untuk melakukan peminjaman kredit di LPD. Sebab saat ini dana di LPD masih belum tersalur semuanya apalagi mulai tahun 2018 dan 2019 LPD sudah menurunkan suku bunga kredit. “Untuk itu masyarakat mari manfaatkan kemudahan suku bunga kredit. Karena nantinya kepercayaan krama berimbas terhadap LPD,” kata Ngurah.

Sementara itu A.A Gede Ngurah Eka Surya, selaku Kepala Desa Angantaka mengaku sangat bangga dan kagum dengan kinerja LPD. “Apalagi aset dan laba LPD terus tumbuh dan ini dapat terus di pertahankan dan kita selaku dinas akan tetap mendukung segala kebijakan LPD demi kesejahteraan Krama Angantaka,” tambahnya.

Koordinator LPLPD Badung, I Dewa Nyoman Widiarsa juga turut mengapresiasi positif atas kinerja LPD Angantaka di tahun 2018. “Semua bisa tercapai bahkan bisa terlampaui. Disamping itu pula dari segi tingkat kesehatan LPD saat ini dengan kategori sehat kita harapkan dapat terus dipertahankan kinerja yang positif ini. Di Kabupaten Badung ada 122 LPD  dan di Kecamatan Abiansemal nomor 2 dari tingkat kesehatan,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *