Harga Tiket Pesawat Naik Pengaruhi  Pergerakan Penumpang di Bandara Ngurah Rai

Harga Tiket Pesawat Naik Pengaruhi  Pergerakan Penumpang di Bandara Ngurah Rai

Buletin Dewata, Badung.

Kebijakan maskapai menaikkan harga tiket secara drastis hingga 100 persen dari tarif awal berdampak buruk pada pergerakan penumpang disejumlah bandara di Tanah Air. Pasalnya ribuan penerbangan rute domestik pun dibatalkan karena sepi penumpang.

Kondisi demikian juga terjadi di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai. Dimana jumlah penumpang domestik mengalami penurunan sekitar 2,1 persen. Penurunan tersebut diakui General Manager Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Yanus Suprayogi saat ditemui di bandara setempat, Kuta, Badung, Sabtu (23/2).

Menurutnya, penurunan pergerakan penumpang domestik di bandara tersebut tidak signifikan dibandingkan bandara lainnya. Sebab pergerakan penumpang di Bandara Ngurah Rai masih ditopang kedatangan wisatawan asing. “Penurunan domestik itu sekitar 2,1 persen dari kondisi rata-rata. Tapi internasional naik sekitar 35 persen,” papar Yanus.

Meski untuk penumpang rute domestik menurun namun tidak terjadi pembatalan penerbangan. “Namun itu lebih berdampak pada schedule, yang seharusnya penumpang padat tapi agak lengang,” ujarnya.

Ditambahkan Yanus, untuk menyikapi kondisi tersebut hingga saat ini belum ada titik temu proses bisnis masing-masing maskapai. Pihaknya berharap permasalahan itu bisa segera menemukan titik temu, sehingga kondisinya tidak berlarut. “Seperti contoh saat ini avtur sudah turun harganya oleh pemerintah. Jadi sekarang semua berusaha bagaimana pengendalian terkait perekonomian ini masih berjalan,” imbuhnya.

Terkait penurunan penumpang di Bandara Ngurah Rai,pihaknya mengaku belum bisa menghitung jumlah kerugian yang dialami.Sebab Pebruari masih merupakan bagian dari triwulan pertama.

“Menghitung itu ketika adanya penyusunan RKA (Rencana Kerja Anggaran) yang dilaksanakan setahun sekali. Ini masih awal, kita tidak bisa menghitung sekarang. Mungkin saat ini rugi, tapi bulan depan untung. Jadi kita lihat kedepan,”tuturnya.(bud)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *