Bank BRI Bina dan Kembangkan Potensi Desa Wisata Munduk Buleleng

0
Bank BRI Bina dan Kembangkan Potensi Desa Wisata Munduk Buleleng
Foto : Acara peresmian Desa Munduk menjadi Desa Binaan Program Teras BRI Nusantara dan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Provinsi Bali, di Puri Lumbung Cottages, Desa Munduk, Kecamatan Banjar, Buleleng, Rabu (28/11).

Buletin Dewata, Buleleng.

Desa Munduk, merupakan sebuah desa di Kabupaten Buleleng yang memiliki potensi wisata dengan keindahan alam dan hasil buminya. Namun demikian desa yang menawarkan wisata dengan kenyamanan dan ketenangan khas pedesaan ini masih memerlukan dukungan pengembangan yang lebih optimal. Mendorong pengembangan tersebut, Desa Munduk pun diresmikan menjadi Desa Binaan Program Teras BRI Nusantara dan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Provinsi Bali. Acara peresmian digelar di Puri Lumbung Cottages, Desa Munduk, Kecamatan Banjar, Buleleng, Rabu (28/11).

Pemimpin Wilayah BRI Kanwil Denpasar, Dedi Sunardi menyampaikan melalui program Teras BRI Nusantara atau desa binaan dan TPAKD Provinsi Bali, Bank BRI telah menyalurkan dana Bina Lingkungan sebesar Rp 300 juta pada akhir tahun 2017 lalu untuk membantu mengembangkan pariwisata di Desa Munduk. Dana tersebut digunakan untuk pembangunan gapura desa dan betonisasi jalan (jalur tracking) menuju air terjun Munduk.

Bank BRI Bina dan Kembangkan Potensi Desa Wisata Munduk Buleleng
Foto : Pemimpin Wilayah BRI Kanwil Denpasar, Dedi Sunardi.

Dedi menyebutkan, hingga 27 November 2018 pihaknya telah menyalurkan dana Bina Lingkungan dan CSR di Bali, NTB, dan NTT sebesar Rp 11,5 miliar. Khusus untuk Pulau Bali sebesar Rp 2,3 miliar, dimana sebanyak Rp 440 juta disalurkan di Kabupaten Buleleng. Sedangkan untuk kredit usaha rakyat (KUR) di wilayah Bali, NTB, dan NTT, perbankan berplat merah ini telah menyalurkan dana sebesar Rp 5,4 triliiun dengan komposisi KUR Mikro sebesar Rp 4,6 triliun, dan KUR Kecil sebesar Rp 809 miliar dengan total debitur sebanyak 223.066 orang. Khusus di Bali, BRI menyalurkan KUR sebesar Rp 2,8 triliun dengan komposisi penyaluran KUR Mikro sebesar Rp 2,4 triliun dan KUR Kecil sebesar Rp 400 miliar dengan total debitur sebanyak 107.106 orang.

Guna mendorong kegiatan perekonomian masyarakat di Desa Munduk, BRI telah menyiapkan layanan keuangan melalui BRI Unit Banyuatis, mesin ATM dan 15 Agen BRILink. Hal ini akan mempermudah masyarakat melakukan bertransaksi menggunakan layanan perbankan. Dedi pun menjelaskan, dari sebaran unit kerja tersebut, outstanding pinjaman di Kabupaten Buleleng lebih besar dari pada simpanan yang dihimpun. “Khusus untuk BRI Unit Banyuatis, outstanding pinjaman yang kami salurkan sebesar Rp 53 miliar dengan himpunan dana pihak ketiga sebesar Rp 39 miliar,” tutur Dedi.

Kepala OJK Regional 8 Bali dan Nusa Tenggara, Hizbullah yang turut hadir di acara peresmian Desa Binaan ini berharap pengembangan pariwisata Desa Munduk yang telah resmi menjadi Desa Binaan Program Teras BRI Nusantara dan TPAKD Provinsi Bali ini dapat lebih optimal. “Nanti akan ada lagi desa wisata lainnya di Bali,” cetusnya.(rls)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here