Stok Daging Babi Berlipat Ganda Jelang Galungan dan Kuningan

Stok Daging Babi Berlipat Ganda Jelang Galungan dan Kuningan

Buletindewata.com,Denpasar.

Mengantisipasi permintaan daging babi jelang Galungan dan Kuningan, ketersediaan pasokan daging babi ditambah dua kali lipat dari kondisi normal. Kabid Produksi dan Pembibitan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bali, Nata Kesuma, mengatakan kebutuhan normal daging babi di Bali sekitar 60 ekor per bulan.

Khusus untuk Hari Suci Galungan dan Kuningan kali ini pihaknya menambah stok hingga 112 ribu ekor babi dengan rata-rata bobot 100 kilogram. Peningkatan stok daging babi ini telah disiapkan sejak setahun terakhir. Dikatakan Nata, peningkatan stok pasokan dilakukan selama dua kali dalam setahun sesuai dengan perayaan Galungan dan Kuningan. Hal itu untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang merayakan Galungan dan Kuningan.

Jelang Galungan dan Kuningan kali ini pihaknya telah melakukan koordinasi dengan dinas peternakan masing-masing kabupaten dan kota di Bali, dengan pengecekan langsung ke lokasi rumah potong hewan. Pemotongan menurut Nata paling banyak terjadi di Kabupaten Buleleng dan Tabanan. “Dalam satu tahun produksi daging babi di Bali mencapai 161 ribu ton. Dari jumlah tersebut, hanya sekitar 924 ton dikonsumsi sebagai daging segar,” katanya.

Sedangkan sisanya untuk memenuhi kebutuhan industri, seperti daging olahan produk sosis dan lainnya. Selain itu, daging babi dari Bali juga untuk memenuhi permintaan konsumen di Makassar, Jawa Barat, Surabaya, dan daerah lainnya. “Jadi tidak semua produksi daging babi dikonsumsi langsung. Per kapita konsumsi daging babi mencapi 0,22 kilogram perhari,” sebut Nata.

Pihaknya pun mengimbau pemotong dalam hal ini tetap memperhatikan kesehatan hewan, serta menjaga kebersihan. Ini dilakukan sebagai langkah antisipasi daging babi tidak terkontaminasi virus yang merugikan masyarakat. “Kami waspadai, hanya saja untuk di Bali sampai saat ini resiko virus sangat rendah,” pungkasnya.(bud)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *