RARALI.COM, E-COMMERCE YANG MEMUDAHKAN PEMASARAN PRODUK BALI MASUK KE MARKETPLACE

RARALI.COM, E-COMMERCE YANG MEMUDAHKAN PEMASARAN PRODUK BALI MASUK KE MARKETPLACE

Buletindewata.com, Badung.

Ralali com, pelopor e-commerce yang bergerak pada segmen B2B, terus menginisiasi lebih banyak pengusaha untuk memanfaatkan teknologi digital. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kapasitas perdagangan lewat shifting model bisnis dari konvensional ke digital sehingga memudahkan terjadinya transaksi.

Sebagai bagian dari ekosistem ekonomi digital, Ralali.com menyadari perannya dalam mengedukasi penggunaan teknologi bagi kemajuan pengusaha di berbagai daerah, termasuk di Bali.

“Memberikan kemudahan bagi pengusaha dalam mengakses bisnisnya merupakan bentuk kontribusi kami untuk pertumbuhan ekonomi daerah oleh karena itu, kami sangat bersemangat untuk membantu Mitra dan Sahabat Ralali (sebutan untuk seller dan buyer Ralali.com) memasuki ceruk bisnis online”, jelas Meiriana, Head of Business Development Ralali.com.

Di era serba digital ini, penggunaan internet tidak hanya berpusat di kota-kota Metropolilan seperti Jakarta dan sekitarnya. Bali yang tersohor karena industri pariwisata, juga memiliki potensi besar di industri kerajinan (craffing) untuk diangkat ke pasar online. Hal inilah yang mendorong Ralali.com untuk membantu memudahkan para pebisnis kerajinan di Bali untuk memasarkan produknya dengan cara masuk ke marketplace.

Meskipun sempat bergejolak karena kondisi alam beberapa waktu yang lalu, Ralali.com percaya bahwa saat ini kondisi Bali sudah kembali aman unluk menjalankan aktivitas bisnis dengan lancar. Tidak ada batasan dan hambatan bagi pebisnis di Bali untuk mengikuti perkembangan industri dan teknologi.

“Sudah waktunya bagi pebisnis lokal di Indonesia untuk memanfaatkan channel digital agar produknya dapat menjangkau pasar yang lebih luas, kapanpun dan di manapun secara tidak terbatas. Masuk ke marketplace seperti Ralali.com membantu dalam hal menemukan pasar yang baru, proses pembayaran yang aman, serta pengiriman barang hingga ke pelosok negeri,” pungkas Meiriana menambahkan.

Paskalis Budi Hartono, Ketua Asperda Bali, mengamini upaya Ralali.com dalam scaling up para pebisnis di Bali karena diprediksi dapat mendukung pertumbuhan ekonomi lokal.

“Saya menyambut dengan baik kehadiran internet karena banyak memudahkan manusia di berbagai aspek, termasuk dalam berbisnis. Adanya channel channel baru untuk mengembangkan bisnis merupakan dukungan yang patut diapresiasi ungkap Budi Hartono saat ditemui di acara Seminar Bisnis Ralali Biztalk # 01, di Badung, Bali, Selasa, (16/1).

Di kesempatan yang sama, Meiriana juga menambahkan bahwa Ralali.com akan melakukan berbagai strategi sebagai upaya untuk mengajak pebisnis di Bali masuk ke pasar digital antara lain dengan memberikan pelatihan, workshop, dan menghadirkan Digital Agent Ralali com di Bali.

Digital Agent sendiri merupakan pihak-pihak yang dapat dimintai keterangan dan penjelasan mengenai berbisnis di dunia digital sehingga nantinya para pebisnis di Bali akan semakin mudah dalam mempelajari strategi-strategi berjualan di marketplace.

Ralali.com didirikan tahun 2013, Rarali.com adalah B2B online marketplace terbesar di Indonesia yang menyediakan beragam kategori bisnis, mulai dari kebutuhan produk MRO (Maintenance Repair and operation), HoReCa (Hotel, Restaurant dan Cafe), dan lainnya. Di usia 4 tahun ini, Ralali mendapatkan pertumbuhan yang cukup baik yaitu kenaikan jumlah transaksi dari awal tahun 2017 sampai akhir Desember 2017 sebesar lebh dari 3000%. Seiring dengan sosialisasi yang dilakukan seperti pameran, edukasi di lingkungan pendidikan, dan juga pendekatan dengan komunitas-komunitas bisnis lokal di beberapa kota indonesia, pertumbuhan jumlah pengunjung yang dialami Ralali.com menunjukan hasil sangat positif yaitu lebih dari 700% dibandingkan awal tahun 2017 atau lebih dari 2 juta pengunjung setiap bulannya.(ist)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *