BI SIAPKAN RP.4,3 TRILIUN UANG TUNAI JELANG AKHIR TAHUN

images

Buletindewata.com, Denpasar.

-Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali telah menyiapkan uang tunai hingga Rp4,3 triliun guna mengantisipasi lonjakan kebutuhan uang tunai menjelang akhir tahun di Pulau Bali.

Causa Iman Karana, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, mengatakan jumlah tersebut meningkat sekitar 0,1% dibandingkan dengan ketersediaan uang tunai pada Desember 2015 yang mencapai Rp3,9 triliun.

“Kami telah berkoordinasi dengan seluruh perbankan di Bali untuk memperkirakan kebutuhannya. Estimasi kebutuhan perbankan akhir tahun ini adalah sebesar Rp2,8 triliun. Jadi persediaan uang tunai kami di Bali sangat cukup,” tuturnya ketika dijumpai di Denpasar.

Pihaknya juga telah mengirimkan surat kepada perbankan untuk menyiapkan ketersediaan uang di ATM serta mengantisipasi kebutuhan masyarakat di liburan akhir tahun ini.

“Kami juga rutin mengadakan kas keliling bersama dengan bank-bank di Bali untuk memenuhi kebutuhan uang tunai masyarakat Bali, termasuk menghadapi akhir tahun ini,” ujarnya.

Dia menjelaskan, peningkatan jumlah ketersediaan uang tunai akhir tahun ini dikarenakan akan bertambah banyak kunjungan wisatawan ke Bali untuk menikmati libur Natal dan Tahun Baru.

“Sebagai destinasi pariwisata dunia, tentunya akan semakin meningkat kunjungan wisatawan ke Bali pada akhir tahun ini yang nantinya pasti memberikan efek multiplier bagi kegiatan ekonomi Bali. Selain itu, adanya beberapa proyek infrastruktur di Bali yang juga turut menyumbang peningkatan kegiatan ekonomi di Bali menjadi faktor yang mempengaruhi peningkatan ketersediaan uang tunai di Bali akhir tahun ini,” paparnya.(bude)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *