Fasilitas Deteni Rudenim Denpasar Diapresiasi Pejabat Rudenim Semarang

Fasilitas Deteni Rudenim Denpasar Diapresiasi Pejabat Rudenim Semarang
Foto : Tim dari Rudenim Semarang meninjau fasilitas berupa jalur IBUKU di Rudenim Denpasar.

Buletin Dewata, Badung.

Dalam rangka mendukung kinerja para pegawai, Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Denpasar senantiasa berupaya memperbaiki sarana dan prasarananya sebagai tempat penampungan bagi para deteni. Hal tersebut terbukti saat Kepala Seksi Keamanan dan Ketertiban (Kasi Kamtib) Rudenim Semarang, Dwi Avandho Farid beserta Tim melakukan kunjungan ke Rudenim Denpasar, Kamis (7/11).

Dalam kunjungannya, Dwi Avandho Farid beserta Tim berkeliling area Rudenim Denpasar melihat langsung berbagai fasilitas berbasis HAM yang ada meliputi jalur Individu Berkebutuhan Khusus (IBUKU), taman bermain anak, blok khusus lansia dan penyandang disabilitas hingga tersedianya toilet khusus penyandang disabilitas. Farid dan Tim juga sempat bertatap muka langsung dengan para deteni. Bagi pengunjung, tersedia pula reading corner yang menyajikan buku-buku bacaan ringan dan popular serta buku tentang Keimigrasian.

Kasi Kamtib Rudenim Semarang, Farid menyampaikan bahwa kunjungannya ke Rudenim Denpasar dilakukan dalam upaya meningkatkan kinerja pegawai substantif Rudenim Semarang. Pihaknya pun sangat mengapresiasi perubahan besar yang ada pada Rudenim Denpasar saat ini. Perubahan tersebut terlihat dari perubahan tata ruang dan tata estetika pada taman Rudenim yang kini Nampak indah dan asri. “Sarana dan prasarana Rudenim Denpasar saat ini sudah cukup memadai sebagai tempat penampungan bagi para deteni. Hal ini dapat dilihat dengan beragam fasilitas yang ada di Rudenim Denpasar,” ujarnya.

Fasilitas Deteni Rudenim Denpasar Diapresiasi Pejabat Rudenim Semarang
Foto : Karudenim Denpasar, Saroha Manullang (ke 3 dari kanan) bersalaman dengan Kasi Kamtib Rudenim Semarang, Dwi Avandho Farid saat berkunjung ke Rudenim Denpasar.

Pada kesempatan ini, Karudenim Denpasar Saroha Manullang menyampaikan bahwa dalam pelayanannya Rudenim Denpasar juga telah menjalankan sistem elektronik (E-Government) sejak setahun lalu. Dikatakan, E-Goverment memberikan ketersediaan informasi yang transparan yang dapat diakses oleh masyarakat setiap saat.

“E-government (e-gov) intinya adalah proses pemanfaatan teknologi informasi sebagai alat untuk membantu menjalankan sistem pemerintahan secara lebih efisien. Ketersediaan informasi yang transparan dan setiap saat dapat diakses oleh masyarakat, tentu akan membuat sistem pemerintahan lebih baik,” paparnya.

Ditambahkan Saroha, E-Goverment juga merupakan bentuk pemberdayaan masyarakat melalui informasi yang mudah diperoleh. Hal ini dibuktikan dengan adanya Sistem Informasi Daftar Kunjungan dan Survey Indeks Kepuasan Masyarakat di Rudenim Denpasar yang dapat diakses masyarakat.(rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *