Konsep Go Green Office, Rudenim Denpasar Tingkatkan Pelayanan Berbasis HAM

Konsep Go Green Office, Rudenim Denpasar Tingkatkan Pelayanan Berbasis HAM
Foto : Karudenim Jakarta, Morina Harahap beserta tim melihat langsung berbagai fasilitas berbasis HAM di Rudenim Denpasar.

Buletin Dewata, Denpasar.

Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Denpasar sebagai tempat penampungan para warga negara asing yang akan dideportasi ke negaranya, ternyata memiliki konsep penataan Go Green Office. Konsep ini mendapat apresiasi positif dari Tim Rudenim Jakarta yang datang melakukan study banding ke Rudenim Denpasar, Kamis (3/10).

Setibanya di Rudenim Denpasar, Karudenim Jakarta, Morina Harahap beserta tim melihat langsung berbagai fasilitas berbasis HAM yang dimiliki Rudenim Denpasar. Fasilitas tersebut berupa jalur khusus Individu Berkebutuhan Khusus (IBUKU), Blok khusus lansia dan penyandang disabilitas yang dilengkapi dengan toilet khusus.

Selain itu, di Rudenim Denpasar juga disediakan Pojok Baca untuk para pengunjung yang datang dan juga taman bermain anak (playground). Dengan adanya fasilitas ini diharapkan tidak hanya mengakomodir pengunjung yang datang namun juga anak-anak.“Tak sekadar cantik secara visual, juga bernilai fungsional sebagai area bermain anak-anak supaya pengunjung yang datang dapat leluasa berbincang dengan deteni yang dibesuk,” ujar Karudenim Denpasar, Saroha Manullang.

Konsep Go Green Office, Rudenim Denpasar Tingkatkan Pelayanan Berbasis HAM
Foto : Fasilitas jalur khusus Individu Berkebutuhan Khusus (IBUKU) Rudenim Denpasar.

Melihat semua fasilitas yang tersedia, Morina Harahap sangat mengapresiasi konsep Go Green Office di Rudenim Denpasar, khususnya terkait penataan tanaman yang ada di areal blok deteni yang bernuansa hijau dan asri. “Semoga dengan adanya kunjungan ini akan terus terjalin sinergi yang baik antara Rudenim Denpasar dan Rudenim Jakarta dan akan membuahkan banyak hal baik di masa yang akan datang,” tuturnya.

Meski bertahap, penataan konsep Go Green akan terus dilakukan Rudenim Denpasar.”Tentunya dititik tanah-tanah yang gersang akan segera dirubah menjadi indah dan asri secara bertahap. Dengan konsep Go Green, kami harap masyarakat akan senang berkunjung ke Rudenim Denpasar,” imbuh Saroha.

Konsep Go Green Office Rudenim Denpasar, Tingkatkan Pelayanan Berbasis HAM
Foto : Tim Rudenim Jakarta yang datang melakukan study banding ke Rudenim Denpasar, Kamis (3/10).

Rudenim Denpasar dengan wilayah kerja meliputi provinsi Bali dan Nusa Tengara Barat (NTB) adalah salah satu pilar dari Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM RI yang mempunyai fungsi pendetensian, pengisolasian, pemulangan dan pendeportasian.

Rudenim Denpasar dalam menjalankan tugas dan fungsinya senantiasa berupaya meningkatkan pelayanan yang ramah HAM. Dilengkapi berbagai fasilitas ramah HAM, Rudenim Denpasar diharap mampu mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui penjaminan perlindungan secara hukum, pemenuhan fasilitas/sarana prasarana, dan pelayanan publik.(blt)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *