DJP Bali Sosialisasi Aturan Pengembalian PPN Bagi Turis Asing

DJP Bali Sosialisasi Aturan Pengembalian PPN Bagi Turis Asing
Foto : Sosialisasi Tax Refund for Tourists di aula Kanwil DJP Bali, Senin (23/9) dihadiri sekitar 150 pengusaha retail di Bali.

Buletin Dewata, Denpasar.

Pengusaha retail di Bali diimbau memanfaatkan peraturan Menteri Keuangan No. PMK-120/PMK.03/2019 tentang Tata Cara Pengajuan dan Penyelesaian Permintaan Kembali Pajak Pertambahan Nilai Barang Bawaan Orang Pribadi Pemegang Paspor Luar Negeri. Aturan yang diterbitkan pada Agustus 2019 ini untuk meningkatkan minat belanja turis asing di Bali.

“Undang-undang perpajakan memberikan insentif perpajakan kepada orang pribadi pemegang paspor luar negeri (turis asing) berupa pengembalian PPN yang sudah dibayar atas pembelian barang kena pajak di Indonesia yang kemudian dibawa atau dikonsumsi turis asing tersebut ke luar daerah pabean, ujar Goro Ekanto, Kakanwil DJP Bali, melalui siaran pers tertulisnya, Senin (23/9), terkait sosialisasi Tax Refund for Tourists.

Pengembalian Tax Refund (PPN) dilakukan mengikuti aturan undang-undang pajak ini diharapkan dapat meningkatkan minat turis asing berbelanja sambil berwisata. Di wilayah Bali, proses pengembalian tax refund berlokasi di Terminal Internasional Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai, sedangkan untuk bandara lainnya di Indonesia berlokasi di Cengkareng, Surabaya, Medan dan Yogyakarta.

Tercatat hingga akhir Agustus 2019, permohonan tax refund di Bandara Intetnasional I Gusti Ngurah Rai sebanyak 3.237 permohonan dengan total nominal mencapai Rp6.6 Miliar. Sementara, jumlah pengusaha retail yang menjadi mitra dan bergabung dalam skema tax refund, sebanyak 22 tersebar di 51outlet di wilayah Bali.

Untuk mengetahui informasi dan keterangan lebih lanjut dapat menghubungi Kring Pajak di 1500 200, datang lansung ke Kantor Pelayanan Pajak terdekat, atau mengunjungi www.pajak.go.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *