“Zero Rubbish” Mesin Pengolah Sampah Yayasan Al Hikmah Joglo Diapresiasi Pemkot Denpasar

"Zero Rubbish" Mesin Pengolah Sampah Yayasan Al Hikmah Joglo Diapresiasi Pemkot Denpasar
Foto : Sekda Kota Denpasar, Rai Iswara (kiri) kagumi inovasi “Zero Rubbish” mesin pengolah sampah Yayasan Al Hikmah Joglo.

Buletin Dewata, Denpasar.

Penerapan tanaman hidroponik dan Inovasi mesin pengolah sampah penghasil bahan bakar gas dan minyak solar diperkenalkan Yayasan Al Hikmah Joglo di Denpasar bertepatan Hari Raya Idul Adha, Minggu (11/8). Inovasi ini pun mendapat apresiasi luar biasa dari Pemkot Denpasar

Sekda Kota Denpasar, AA N Rai Iswara menilai inovasi pengelolahan sampah menjadi bahan bakar gas ini sangatlah luar biasa. Hal ini membuktikan Yayasan Al Hilmah bisa memberikan vibrasi positif bagi masyarakat setempat. “Hal ini sangat luar biasa bahkan mendukung pogram Pemkot denpasar,’’ ujarnya.

Ketua Yayasan Al Hikmah Joglo H.Maskuro mengatakan dalam pengembangan tanaman hindroponik dan pembuatan mesin pengelolahan sampah, Yayasan Al Hikman Joglo berkat kerja sama dengan seluruh elemen masyarakat. Inovasi mesin bernama Zero Rubbish ini mengelola secara habis sampah – sampah dari rumah tangga menjadi bahan bakar.

Ia menjelaskan, sistem kerja alat ini terdiri dari empat tahap. Pertama pemilahan, pencacahan dan pengeringan dan konversi. Keempat tahapan ini dilakukan secara berurutan. Zero Rubbish ini bisa mengelolah semua jenis sampah.“Melalui alat ini semua sampah apa pun jenisnya bisa diolah sampai habis tidak ada yang tersisa,’’ pungkas H. Maskuro.

Mendukung penerapan tanaman hindroponik, Rai Iswara mengaku Pemkot Denpasar melalui Dinas Pertanian akan siap membantu bibit bahkan konsultan sehingga dapat memberikan sosialisasi tentang tata cara penanaman hindroponik. “Dengan cara itu, masyarakat khusnya ibu-ibu PKK bisa memanfaatkan sedikit lahan untuk turut meningkatkan perekonomian keluarga. Semoga pogram ini bisa berhasil sesuai dengan harapkan sehingga kedepan Kota Denpasar memiliki objek pariwisata baru yakni sebagai contoh daerah hidroponik,’’ imbuhnya.(Ayu/Hms Dps)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *