Cegah Narkoba, PT Lianinti Group Wajibkan Karyawan Jalani Tes Urin

Cegah Narkoba, PT Lianinti Group Wajibkan Karyawan Jalani Tes Urin
Foto : Karyawan PT Lianinti Group jalani tes urin dari BNN Denpasar, Jumat (31/5).

Buletin Dewata, Denpasar.

Mengutamakan kesehatan karyawan agar terhindar dari penyalahgunaan narkoba, PT Lianinti Group menggelar tes urin bagi semua karyawannya. Tes urine untuk pencegahan bahaya narkoba dilakukan dengan melibatkan Badan Narkotika Nasional (BNN) Denpasar, Jumat (31/5).

Sebelum tes urin, karyawan dan karyawati PT Lianinti Group melakukan senam aerobic bersama di halaman kantor pusat perusahaan setempat, di Jalan Gurita, Denpasar. I Ketut Mara selaku HRD Lianinti Group mengatakan kegiatan senam dilakukan secara rutin demi menjaga kesehatan karyawan. Guna memastikan semua karyawan sehat dan bebas dari penyalahgunaan narkoba, pihak perusahaan mewajibkan semua karyawan menjalani tes urin yang dilakukan BNN Denpasar.

“Tentu dalam pembinaannya kita fokus untuk memelihara kesehatan dan kebugaran dengan melakukan senam bersama setiap hari sabtu seminggu sekali. Kemudian untuk pengecekan tentang kesehatan, kita lakukan setiap bulan sekali bekerja sama dengan para pihak supaya karyawan benar – benar sehat, ” ujar Mara disela kegiatan tes urin.

Ditambahkan Mara, bahwa Direktur Utama Lianiti Group yaitu Nyoman Nirka secara tegas menginstruksikan untuk mengeliminasi setiap karyawan perusahaan yang ketahuan menggunakan narkoba. Hal tersebut demi menjaga kenyamanan segala aktivitas perusahaan yang dilaksanakan karyawan sekaligus membantu upaya memerangi bahaya narkoba.

“Langkah ini ditempuh berdasarkan keputusan dari owner yang juga selaku Dirut perusahaan Lianinti, Nyoman Nirka yang menginginkan adanya situasi kerja yang aman dan nyaman di perusahaan, dimana semua karyawan dapat menjalankan aktivitas perusahaan tanpa terkontaminasi narkoba. Namun, jika dari hasil pemeriksaan BNN ditemukan ada karyawan yang terdeteksi positif mengidap narkotika maka pihak owner secara tegas akan memberhentikan dengan tidak hormat yang bersangkutan,” pungkasnya.

Cegah Narkoba, PT Lianinti Group Wajibkan Karyawan Jalani Tes Urin
Foto : I Ketut Mara selaku HRD Lianinti Group bersama Dirut Lianinti Group, Nyoman Nirka (kanan).

Kepala BNN Kota Denpasar, AKBP Hagnyono turut dalam kegiatan tes urin, sangat mengapresiasi positif upaya dan peran serta dari PT Lianinti Group untuk mendukung upaya BNN mencegah dan memberantas bahaya narkoba di masyarakat.

“Saya sangat mengapresiasi PT Lianinti Group yang mewajibka karyawannya untuk pemeriksaan tes urin. Hal ini sangat saya harapkan kepada perusahaan yang lainnya untuk mendeteksi dini seluruh karyawannya supaya bebas dari narkoba sehingga karyawan pun betul – betul bisa bekerja dengan baik,” imbaunya.

Menurut Hagnyono, jika orang telah terjangkit maka ia dapat melakukan kegiatan diluar kesadarannya dan tidak akan maksimal melaksanakan tugas pekerjaannya. Hal itu tentunya akan berdampak yang negatif terhadap perusahaan.

“Selama ini narkoba betul – betul sangat meresahkan masyarakat bahkan dampak dari narkoba itu sangat berbahaya bagi semuanya. Bagi kehidupan yang bersangkutan, bagi masyarakat sendiri bahkan juga akan memiskinkan bagi orang yang memakai narkoba dan keluarganya. Tanpa peran serta masyarakat narkoba tidak akan bisa terdekteksi ataupun diatasi. Itulah tugas kita semua dalam rangka meminimalisir peredaran ataupun pemakaian narkoba,” tandasnya.

Selanjutnya, jika dari hasil tes narkoba melalui pemeriksaan urin ditemukan adanya indikasi positif penggunaan narkoba, maka pihak BNN akan meneliti dan memeriksa serta melakukan rehabilitasi pengguna narkoba tersebut.(blt)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *