Jokowi ke Bali Tinjau Desa Kutuh Kembangan Sport Tourism dari Dana Desa

Jokowi ke Bali Tinjau Desa Kutuh Kembangan Sport Tourism dari Dana Desa
Foto : Bupati Giri Prasta dampingi Presiden Joko Widodo, didampingi Bupati Giri Prasta meninjau pengembangan lapangan Ketut Lotri Desa Kutuh, Jumat (17/5) sore.

Buletin Dewata, Badung.

Presiden Joko Widodo menilai Desa Kutuh merupakan salah satu desa yang berhasil memanfaatkan dana desa untuk kesejahteraan masyarakatnya. Hal ini terungkap saat Presiden Jokowi berkunjung ke Bali meninjau pengembangan lapangan Ketut Lotri di Desa Kutuh, kabupaten Badung, menjadi kawasan sport tourism, Jumat (17/5) sore.

Dalam kunjungannya selama sekitar 30 menit tersebut, Jokowi menilai apa yang dilakukan Desa Kutuh sebenarnya bisa ditiru di tempat lain yang memiliki potensi dan kemiripan wilayah, seperti Sumatra, Jawa dan tempat lainya. Menurut Jokowi Desa Kutuh menjadi model keberhasilan sebuah desa dalam memanajemen pengelolaan dana desa, menuju kemanfaatan masyarakat.

Dari dana Desa Tahun 2018 di manfaatkan Desa Kutuh untuk pengembangan sport tourism, seperti menyewakan lapangan untuk keperluan kompetisi internasional paralayang yang setahun bisa menghasilkan Rp 800 juta. Hal tersebut memberikan pendapatan bagi desa sebesar Rp 50 milyar dari hasil usaha desa. “Ini yang namanya bagaimana dana desa bisa mentrigger ekonomi yang ada di wilayah. Sehingga masyarakat benar-benar merasakan manfaatnya,” ujar Jokowi.

Ditambahkan, bahwa setiap desa tidak perlu terjebak pada revolusi industri 4.0, sebab ada sebuah segmen-segmen yang bisa dimasuki oleh desa atau daerah yang kadang-kadang tidak banyak kompetitornya namun justru bermanfaat bagi desa.

Tampak dalam kunjungan rombongan Presiden Joko Widodo ke Desa Kutuh yaitu Mendes PDTT Eko Putro Sandjojo, Mentri PUPR Basuki Hadimuljono, Mensesneg Pramono Anung, Gubernur Bali, Kapolda Bali Irjen Pol Petrus Reinhard Golose, Pangdam IX Udayana Mayor Jenderal TNI Benny Susianto, Bupati Badung Nyoman Giri Prasta, Wakil Bupati Badung Ketut Suiasa, Sekda Badung Wayan Adi Arnawa dan jajaran OPD di Pemkab Badung.

Selain meninjau Program Dana Desa di Desa Kutuh, Presiden Jokowi dijadwalkan juga berkunjung ke Beachwalk Kuta, untuk menyapa masyarakat Bali, serta melakukan sesi wawancara dengan New York Time, pada Sabtu (18/5). Selsnjutnya, Jokowi pun dijadwalkan akan meninjau Pasar Badung dan bantaran Sungai Tukad Badung, sebelum bertolak menuju Jakarta.(rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *