Gubernur Koster Launching Gerakan Semesta Berencana “Bali Resik Sampah Plastik” di Seluruh Bali

Gubernur Koster Launching Gerakan Semesta Berencana "Bali Resik Sampah Plastik" di Seluruh Bali

Buletin Dewata, Bangli.

Gerakan Semesta Berencana Bali Resik Sampah Plastik diluncurkan Gubernur Bali Wayan Koster di Lapangan Umum Kintamani, Bangli, Minggu (7/4). Gerakan Mereresik kali ini dilaksanakan serentak di seluruh Bali yang diikuti instansi pemerintah baik TNI/POLRI, BUMN, BUMD, Swasta, Universitas, Sekolah dan Seluruh Lapisan Masyarakat.

Bali Resik Sampah Plastik merupakan implementasi dari Peraturan Gubernur (Pergub) 97 Tahun 2018 tentang Pembatasan Timbulan Sampah Plastik Sekali Pakai sekaligus untuk mewujudkan Bali yang bersih sesuai dengan visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali.

Gubernur Koster mengatakan Pergub 97 hanya membatasi penggunaan plastik sekali pakai, baik dari tingkat produsen hingga konsumen, sehingga penting baginya adanya pergub lanjutan untuk mengelola sampah itu sendiri. Untuk itu pihaknya sedang menyiapkan Pergub yang akan mengatur pengelolaan sampah sejak dini di tingkat rumah tangga, kelurahan, desa, kecamatan hingga kabupaten. “Bahkan pengelolaan sampah di tingkat Pura serta sekolah juga akan diatur dalam pergub tersebut,” ujarnya.

Koster menambahkan Ke depan jika regulasi tentang pembatasan sampah plastik dan pengelolaan sampah dari tingkat rumah tangga sudah berjalan dengan baik, maka diyakini Bali bisa menjadi bersih dan hijau. Dengan mengajak OPD terkait serta menggandeng seluruh lapisan masyarakat termasuk kalangan muda, Koster berharap kegiatan ini bisa dilaksanakan berkelanjutan di seluruh Bali.

“Program ini inisiatif Pemprov dengan memilih Bangli sebagai tempat launching karena dianggap banyak sampah plastik di sini. Untuk Kabupaten/Kota lainnya juga dilaksanakan serentak hari ini dan dipimpin langsung oleh Bupati/Walikota,” imbuhnya.(rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *