Gerakan Bersih Sampah Plastik “Gold for Work” di Pantai Mertasari Sanur Pecahkan Rekor MURI

0

Gerakan Bersih Sampah Plastik "Gold for Work" di Pantai Mertasari Sanur Pecahkan Rekor MURIBuletin Dewata, Denpasar.

Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) membuka secara resmi gerakan bersih bersih sampah plastik bertajuk “Gold For Work” yang merupakan sinergi dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Denpasar bersama PT. Pegadaian Persero dan juga IWAPI (Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia) Kota Denpasar di Pantai Mertasari, Sanur, Denpasar, Sabtu (6/4).

Dalam kesempatan ini, Wakil Gubernur Bali, Cok Ace bersama Sekda Kota Denpasar, AAN. Rai Iswara, Pimpinan Wilayah VII PT. Pegadaian Persero, Nuril Islamiah, Kadis DLHK Kota Denpasar, Ketut Wisada serta tokoh masyarakat adat setempat berbaur dengan ratusan masyarakat yang antusias mengikuti kegiatan bersih pantai.

Wagub Cok Ace menyampaikan apresiasinya atas gerakan bersih bersih sampah plastik yang dilakukan secara serentak tidak hanya di wilayah Bali namun juga di 11 kota lainnya di seluruh Indonesia. Dengan kegiatan ini maka akan menjadi inspirasi bagi seluruh masyarakat Indonesia untuk turut menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan dan membangun kesadaran untuk mengurangi penggunaan plastik dalam kegiatan sehari hari.

Ditambahkan, untuk di Bali sendiri gerakan ini tidak hanya semata mata sebagai wujud nyata dari implementasi Pergub No 97 Tahun 2018 tentang Pembatasan Timbulan Sampah Plastik Sekali Pakai, namun juga sebagai upaya menjaga kesucian alam Bali. Hubungan manusia dan alam di Bali merupakan satu kesatuan yang harmoni dan berhubungan sangat erat.

“Ketika kita membersihkan tanah Bali, itu sama dengan kita membersihkan badan kita sendiri. Ketika kita membersihkan sungai, danau dan laut, sama dengan kita membersihkan darah dalam diri kita sendiri. Untuk itu kewajiban kita semua untuk menjaga kebersihan dan kesucian alam Bali, sehingga alam Bali akan terus memberikan kenyamanan, keteduhan dan kedamaian untuk kita semua, ” ujarnya.

Gerakan Bersih Sampah Plastik "Gold for Work" di Pantai Mertasari Sanur Pecahkan Rekor MURI

Sekda Kota Denpasar, AAN. Rai Iswara menambahkan kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk menjaga kebersihan lingkungan dan mengurangi penggunaan kantong plastik yang terjalin melalui sinergi yang baik antara seluruh komponen yang ada didalamnya.

“Sesuai dengan yang telah tertuang dalam Peraturan Walikota Denpasar No.36 Tahun 2018 Tentang Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik tentu harus disikapi dengan penuh kesadaran antara Pemerintah, Perusahaan, Masyarakat dan Stakeholder lainnya dengan aksi nyata. Sinergi baik yang tercipta tentu saja akan memepercepat capaian dalam mendukung program pembangunan di Kota Denpasar sesuai dengan visi misi Kota Denpasar sebagai Kota Kreatif Berwawasan Budaya” tutur Rai Iswara.

Pimpinan Wilayah VII PT. Pegadaian Persero, Nuril Islamiah menerangkan Kegiatan Bersih Lingkungan serangkaian perayaan HUT PT. Pegadaian Persero Indonesia KE-118 juga serentak dilaksanakan pada waktu yang sama di 12 Lokasi diseluruh indonesia dengan melibatkan kurang lebih 6000 peserta.

“Seluruh rangkaiaan kegiatan ini merupakan wujud kepedulian dan momentum bagi BUMN bersinergi dengan pemerintah daerah dan masyarakat dalam menjaga kelestarian lingkungan alam di Bali dan khususnya di Kota Denpasar” ungkapnya.

Gerakan bersih bersih sampah plastik diikuti sekitar 500 peserta dari berbagai lapisan masyarakat ini merupakan sebuah momentum sinergitas antara pemerintah, pihak swasta serta masyarakat untuk menjaga kelestarian lingkungan sekitar serta mengedukasi masyarakat untuk memilah sampah menjadi bernilai ekonomis. Selain bersih – bersih pantai, juga dilaksanakan pemecahan rekor MURI Pembukaan Tabungan Emas dan pembagian sekitar 1000 Pcs Tas Ramah Lingkungan oleh DPC IWAPI Kota Denpasar.(rls)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here