Lomba Susur Mangrove Dinas Perikanan Denpasar Jadi Ajang Peduli Lingkungan

Lomba Susur Mangrove Dinas Perikanan Denpasar Jadi Ajang Peduli Lingkungan
Foto : lomba Susur Mangrove di Kawasan Estuary Dam Hutan Mangrove Batu Lumbung, Pemogan, Denpasar, Rabu (20/2).

Buletin Dewata, Denpasar.

Menjaga lingkungan bersih dan bebas sampah plastik, Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Denpasar, Bali menyelenggarakan lomba Susur Mangrove di Kawasan Estuary Dam Hutan Mangrove Batu Lumbung, Pemogan, Denpasar, Rabu (20/2).

Ratusan peserta yang merupakan perwakilan SMA/SMK serta kalangan umum atau komunitas tampak telah berkumpul sejak pagi hari untuk mengikuti Lomba Susur Mangrove. Lomba dimulai dengan menyusuri kawasan mangrove sepanjang kurag lebih 5 kilometer. Di sepanjang perjalanan para peserta pun melaksanakan aksi memungut sampah plastik.

“Dengan menggunakan kano, peserta menyusuri mangrove sembari memungut sampah plastik, nantinya sampah plastik atau anorganik yang dikumpulkan peserta akan ditimbang, dan yang terberat akan keluar sebagai juara,” ujar I Wayan Kona selaku ketua panitia lomba.

Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Denpasar, Anak Agung Bayu Bramasta mengatakan selain untuk menyambut HUT Kota Denpasar ke 231 tahun 2019, lomba yang dilaksanakan juga merupakan ajang untuk mengenalkan lingkungan yang alami kepada generasi muda melalui upaya menjaga lingkungan bebas dari sampah.

“Kami mengajak generasi muda kita untuk mengenal lingkungan dan membangkitkan rasa peduli lingkungan sehingga keberadaan sampah utamanya sampah plastik di perairan dapat dikurangi,” terangnya.

Lewat kegiatan lomba Susur Mangrove kali ini sedikitnya terkumpul sebanyak 2,29 ton sampah. Jumlah ini menurun dibandingkan pelaksanaan susur mangrove tahun 2018 lalu yang berhasil mengumpulkan sebanyak 3,9 ton sampah anorganik.

Sarah yang merupakan salah seorang peserta asal Jerman, mengaku sangat senang dapat mengikuti kegiatan ini. “Iya kegiatan ini sangat baik, dan saya sangat senang dapat mengikuti kegiatan ini. Semoga kegiatan ini dapat dilaksanakan secara rutin,” tuturnya.

Lomba Susur Mangrove yang dibuka Wali Kota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya turut memperebutkan Juara I, II dan III serta harapan I hingga VI untuk masing-masing kategori dengan hadiah piagam dan uang pembinaan.Dari kegiatan ini diharapkan terjadi pengurangan sampah plastik di kawasan hutan mangrove.(rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *