Tampilkan Kesenian di Dias Port & Festival, Denpasar Jalin Kerjasama dengan Kota Mossel Bay Afrika Selatan

Tampilkan Kesenian di Dias Port & Festival, Denpasar Jalin Kerjasama dengan Kota Mossel Bay Afrika Selatan
Foto : Tim Kesenian Kota Denpasar dibawah pimpinan Asisten Administrasi Umum Sekda Kota Denpasar, IGN Eddy Mulya saat berfoto bersama dalam kegiatan Latter of Intent (LoI) di kota Mossel Bay, Cape Town, Afrika Selatan, Jumat (1/2).

Buletin Dewata.

Membahas MoU kerja sama Sister City sebagai tindak lanjut dari pembuatan Letter of Intent(LoI) Kota Denpasar, Bali dengan kota Mossel Bay, provinsi Western Cape, Afrika Selatan pada Oktober 2018 lalu, delegasi Kota Denpasar dipimpin Asisten Administrasi Umum Sekda Kota Denpasar, IGN Eddy Mulya bersama tim Kesenian bertandang ke kota Mossel Bay, Cape Town, Afrika Selatan, Jumat (1/2). Kegiatan tersebut dilaksanakan bertepatan dengan momentum perayaan Dias and Port Festival 2019 yang berlangsung tanggal 31 Januari hingga 3 Februari 2019.

Asissten Administrasi Umum Sekda Kota Denpasar, IGN Eddy Mulya didampingi Kabag Kerjasama Setda Kota Denpasar, Laxmy Saraswati mengatakan bahwa setelah LoI tentu kerjasama antar daerah harus terus ditingkatkan. Hal ini diharapkan dapat memberikan aspek kemanfaatan yang maksimal dalam pembangunan menuju kesejahteraan masyarakat. “Saat ini kita sedang menjajaki peningkatan kerjasama dari LoI menjadi MoU sehingga cakupanya menjadi lebih luas,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan, bahwa dengan adanya MoU ini tentunya akan memberikan peluang terbukanya akses kerjasama di beberapa bidang. Seperti halnya pariwisata, perdagangan, investasi, pemberdayaan komunitas lokal serya ekonomi kreatif. Sehingga pembangunan beragam sektor di Kota Denpasar dapat dilaksanakan secara berkelanjutan dan memberikan kemajuan di berbagai bidang. “Tentunya kami berharap peluang-peluang di berbagai sektor mampu memberikan manfaat yang maksimal bagi pembangunan kota menuju kesejahteraan rakyat,” tutur Eddy.

Eksekutif Mayor Kota Mossel Bay, Ald H Levendal, menyambut baik peningkatan kerjasama antara Kota Mosell Bay dengan Kota Denpasar. Kedepan pihaknya berharap dapat mengadopsi sesuatu yang kiranya tepat diterapkan untuk mendukung pembangunan di Kota Mossel Bay. Sehingga upaya memberikan manfaat untuk kesejahteraan rakyat dapat terus dimaksimalkan. “Kami sangat mendukung dan menyambut baik adanya peningkatan kerjasama Sister City dari LoI menjadi MoU untuk mendukung pengembangan dan pembangunan Kota Mossel Bay,” ucapnya.

Pihaknya juga turut menyampaikan ucapan terimakasih atas partisipasi Kota Denpasar pada Dias Port Festival 2019 yang mengangkat tema ‘Where Cultures Meet’. Festival tersebut telah terselenggara lebih dari 30 tahun terakhir guna memperingati hari berlabuhnya Bartolomeu Dias pada abad ke-15. Dias merupakan penjelajah Portugis terkenal yang pertama kali mengelilingi bagian paling selatan benua Afrika untuk membuka jalur rempah-rempah dari Asia untuk Eropa.

Dalam kesempatan tersebut, Tim Kesenian Kota Denpasar turut memperkenalkan seni budaya Bali diantaranya Tari Legong, Tari Sekar Jagat dan Tari Baris Tunggal. Selain itu, Konsul Jenderal RI Cape Town dan Executive Mayor Kota Mossel Bay melakukan penanaman bibit pohon di Dias Museum sebagai simbol dari upaya membangun kerangka kerja sama kota Denpasar, Bali dan Mossel Bay yang dibuka melalui MoU kerja sama Sister City tersebut. Pemkot Denpasar pun turut berpartisipasi dalam pawai seni budaya keliling kota Mossel Bay sepanjang 3 KM.(rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *