Permudah Akses Warga Australia, Darwin Ajukan Penerbangan Langsung ke Bali

Permudah Akses Warga Australia, Darwin Ajukan Penerbangan Langsung ke Bali
Foto : Konsul Republik Indonesia di Darwin, Australia, Dicky D. Soerjanatamihardja, saat melakukan audensi dengan Gubernur Bali Wayan Koster di Kantornya, Rabu (31/10).

Buletin Dewata, Denpasar.

Mempermudah akses warganya, negara bagian Teritori Utara di Australia berencana membuka jalur penerbangan langsung dari Darwin ke Bali melalui Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai. Hal ini disampaikan Konsul Republik Indonesia di Darwin, Australia, Dicky D. Soerjanatamihardja, saat melakukan audensi dengan Gubernur Bali Wayan Koster di Kantornya, Rabu (31/10).

Pada kesempatan tersebut, Dicky D. Soerjanatamihardja berharap agar ada penerbangan langsung dari Darwin ke Denpasar, Bali, begitupun sebaliknya dengan jumlah penerbangan yang mencukupi. Menurut Dicky, Bali masih menjadi primadona tujuan wisata masyarakat Australia. Untuk itu, ia berharap agar Gubernur Bali Wayan Koster bisa mengakomodir hal ini.

“Dulu pernah ada rute langsung Denpasar-Darwin begitu sebaliknya, namun kini sudah tidak ada lagi. Sehingga Saya berharap agar penerbangan ini bisa kembali ada. Kita tau jika Bali masih menjadi tujuan utama masyarakat disana (Australia-red), mereka sudah menganggap Bali menjadi rumah kedua bagi mereka,” ungkap Dicky .

Dicky menambahkan Provinsi Bali dan Northern Teritorry di Australia khususnya Darwin, memang sudah banyak menjalin kerja sama di berbagai bidang. Namun selama ini fokus utama pengembangan kerja sama ini adalah bidang kesehatan terutama pengembangan rumah sakit serta sektor pariwisata. Kedepan hubungan baik serta kerjasama yang telah terjalin selama ini diharapkan bisa terus ditingkatkan.

Terkait adanya penerbangan langsung dari Darwin ke Denpasar, Bali, Gubernur Koster menyambut baik keinginan yang disampaikan. Menurut Koster, hal ini menjadi kesempatan baik untuk terus meningkatkan kunjungan wisatawan ke Bali. Terlebih selama ini kunjungan wisatawan Australia ke Bali cukup banyak. Untuk itu, Ia akan berkomunikasi terlebih dahulu dengan Kementerian Perhubungan agar bisa dibukakan kembali rute dimaksud. “Saya menyambut baik hal itu (rute Bali-Darwin), ini demi kemajuan pariwisata kita juga. Nanti Saya akan sampaikan ke Menteri Perhubungan,” ujar Koster.

Selain dibidang Pariwisata, pada pertemuan tersebut juga dibahas terkait kerjasama dibidang kesehatan dan kegawat daruratan. Dikatakan Koster, selama ini telah terjalin kerjasama antara Rumah sakit Sanglah dan RSUD Bali Mandara dengan Royal Darwin Hospital. Kedepan kerjasama tersebut diharap terus dapat ditingkatkan demi memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. “Selama ini sudah ada Dua (2) Rumah Sakit yang kerjasama dengan Royal Darwin Hospital. Bahkan tenaga medis kita juga sudah sering mendapatkan pelatihan, kedepan hal ini bisa terus ditingkatkan lagi,” terang Koster.(rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *