Vietnam Tawarkan Pemprov Bali Kerjasama Sister City antara Bali dengan Ho Chi Min

Vietnam Tawarkan Pemprov Bali Kerjasama Sister City antara Bali dengan Ho Chi Min
Foto : Duta Besar Vietnam untuk Indonesia Pham Vinh Quang dengan Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) di kantor Pemprov Bali, Selasa (30/10).

Buletin Dewata, Denpasar.

Adanya faktor kemiripan budaya yang unik antara Bali dan Vietnam yang disebabkan pengaruh budaya Tiongkok pada masa lalu, menjadi latar belakang Pemerintah Vietnam ingin menjalin kerjasama dengan Bali khususnya di bidang pariwisata. Hal ini diketahui dari hasil pertemuan antara Duta Besar Vietnam untuk Indonesia Pham Vinh Quang dengan Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) di kantor Pemprov Bali, Selasa (30/10).

Dalam pertemuan tersebut, Dubes Vinh Quang membicarakan beberapa kemungkinan kerjasama dengan Pemerintah Indonesia khususnya Bali. Dikatakan Pemerintah Vietnam saat ini juga sedang gencar mempromosikan pariwisata di negaranya, dan pihaknya merasa perlu memperkuat kerjasama dengan Bali yang telah sukses mejadi ikon pariwisata kelas dunia. “Tahun 2020 pemerintah kami menargetkan 13 juta kunjungan wisatawan, masih kurang dengan target Indonesia yang mencapai 20 juta di tahun 2019. Akan tetapi, kunjungan wisawatn ke negara kami semakin tahun semakin meningkat, jadi kami sangat optimis akan tercapai,” jelas Dubes Vinh Quang.

Mengenai hubungan sister city, Vinh Quang menawarkan Ho Chi Min City dengan Bali megingat keduanya merupakan ikon pariwisata. “Kami ingin memperkuat kerjasama dengan Indonesia terutama Bali melalui hubungan sister city. Sebelumnya saya sudah sempat menawarkan Jakarta dengan Hanoi untuk memperkuat hubungan melalui program sister city, mengingat keduanya adalah ibukota masing-masing negara,” jelasnya.

Vinh Quang menambahkan, untuk membuktikan keseriusan rencana tersebut, Ia bahkan sudah bicara dengan Kementrian Perhubungan terkait dengan dibukanya penerbangan langsung dari Vietnam ke Bali. Karena, semakin tahun wisatwan yang datang ke Bali semakin meningkat. Ke depan Vinh Quang juga berencana akan membuka Vietnamesse Corner di Bali sebagai alternatif karena Konsulat Jenderal Vietnam belum di buka di sini. “Moto pembangunan kami di Vietnam adalah TTI yaitu Trade, Tourism dan Industry, jadi kami ingin memperkuat kerjasama di bidang 3 elemen itu dengan Bali. Ke depan saya juga ingin mengudang anda untuk datang ke Ho Chi Min City,” tandasnya.

Menanggapi hal tersebut, Wagub Cok Ace sangat mengapresiasi recana dan keinginan menjalin kerjasama tersebut. Cok Ace menilai Vietnam sebagai negara yang indah dan sangat kental dengan tradisi, hal itulah yang membuat kemiripan antara Vietnam dan Bali. “Mengenai rencana Sister City saya sangat mendukung, untuk itu silahkan bicarakan lebih lanjut rencana ini dengan pihak terkait,” ujar Cok Ace.

Terkait rencana kerjasama pariwisata, Cok Ace mengajak pemerintah Vietnam untuk melakukan promosi pariwisata bersama. Cok Ace sangat yakin jika promosi bisa dilakukan bersama maka dimungkinkan akan lebih menggencarkan promosi wisata.antar kedua negara yaitu Indonesia dan Vietnam. Dibukanya direct flight antara Ho Chi Min City ke Bali, akan menambah jumlah wisatawan yang berkunjung ke Bali dan Vietnam. “Kita bisa bersama mempromosikan potensi wisata kita, bahkan bisa bikin paket wisata mengunjungi Bali dan Vietnam ke wisatawan mancanegara. Saya harap wisatawan Vietnam bisa semakin banyak berkunjung ke Bali untuk ke depannya,” tandasnya.(rsl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *