Pameran Pembangunan HUT Provinsi Bali Tahun ini Lebih Informatif dan Edukatif

Pameran Pembangunan HUT Provinsi Bali Tahun ini Lebih Informatif dan Edukatif
Foto : Pembukaan stand pameran ditandai dengan pemukulan gong oleh Gubernur Pastika.

Buletin Dewata, Denpasar.

Menyambut HUT RI ke 73 sekaligus memperingati HUT Provinsi Bali ke 60, Pemerintah Provinsi Bali kembali menggelar Pameran Pembangunan dari tanggal 14 hingga 23 Agustus 2018 di Taman Budaya Art Center Denpasar. Mengusung tema Bali Mandara 2008-2018 Matur Suksma, pameran kali ini akan menampilkan berbagai capaian pembangunan dari Kabupaten Kota di Bali masa kepemimpinan Gubernur Pastika.

Pameran pembangunan merupakan program rutin pemerintah provinsi Bali dalam upaya memberi ruang kepada para pengusaha baik pengrajin, Usaha Mikro Kecil dan Menenga (UMKM), Industri Kecil dan Menenga (IKM) hingga binaan Dekranasda sebagai wahana mensosialisasikan program dan hasil pembangunan kepada masyarakat sehingga lebih memantapkan semangat nasionalisme, cinta dan bangga kepada daerah dan tanah air.

Gubernur Made Mangku Pastika menyampaikan rasa syukur atas capaian implementasi visi Bali Mandara yang sudah berjalan sepuluh tahun. Secara khusus, ia menyampaikan terimakasih dan penghargaan kepada seluruh pemangku kepentingan atas partisipasi dan sinerginya dalam pembangunan daerah. Ia berharap, pemeran pembangunan tahun ini menggambarkan proses menuju capaian tersebut, sekaligus dokumen atas partisipasi yang telah disumbangkan oleh seluruh komponen. “Karena partisipasi yang optimal dari masyarakat telah mendorong akselerasi program pembangunan,” ujarnya.

mendorong partisipasi kalangan UMKM dalam pameran ini, sebagai representasi perkembangan ekonomi kerakyatan. Dia berharap pelaku UMKM dapat memanfaatkan kegiatan ini sebagai ajang promosi. Dengan berbagai kegiatan promosi yang berkelanjutan, ia yakin akan mampu memotivasi tumbuh-kembangnya UMKM di pelosok perdesaan, sehingga dapat menggerakkan roda perekonomian masyarakat.

Sementara itu, Kadis Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Bali Ir. I Nyoman Sujaya, MT dalam laporannya menyampaikan bahwa pameran pembangunan yang digelar serangkaian memperingati Hari Jadi ke-60 Provinsi Bali dan HUT ke-73 Proklamasi Kemerdekaan RI setiap tahun ini bertujuan mensosialisasikan program dan hasil-hasil pembangunan kepada masyarakat. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi wahana untuk memantapkan semangat kebangsaan dan nasionalisme, serta rasa cinta dan bangga kepada daerah serta tanah air.

Selain menampilkan hasil produksi dari para peserta pameran dalam pameran kali ini ada hal yang baru yang dilakukan oleh Diskominfos Provinsi Bali sebagai leading dari pameran, yaitu diadakan Techno Corner dan aplikasi android. Pameran Pembangunan melibatkan 162 peserta yang terdiri dari instansi vertikal, OPD Pemprov Bali dan Kabupaten/Kota, BUMN, BUMD, Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta serta Sekolah Menengah Kejuruan. Pembukaan stand pameran ditandai dengan pemukulan gong oleh Gubernur Pastika, serta pengguntingan pita oleh Ny. Ayu Pastika.(rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *