PPIT Bali Menggelar Malam Bersama Warga Kampung Bali Nanshan Quanzhou Tiongkok

0
Malam Persaudaraan PPIT Bali Dengan Warga Kampung Bali Nanshan Quanzhou Tiongkok
Foto : Malam Persaudaraan PPIT Bali Dengan Warga Kampung Bali Nanshan Quanzhou Tiongkok, di Hongkong Garden Denpasar, Rabu (31/7).

Buletin Dewata, Denpasar.

Perhimpunan Persahabatan Indonesia Tiongkok (PPIT) Bali menggelar malam persaudaraan ramah tamah dengan warga Kampung Bali Nanshan, Quanzhou Provinsi Fujian, Tiongkok. Acara ini di hadiri Gubernur Bali, Made Mangku Pastika dan Konjen RRT di Denpasar, Mr. Gou Haodong dan Ketua PHRI Bali, Cok Ace bertempat di Hongkong Garden Restaurant, Rabu (31/7). Berbagai kesenian baik dari Bali maupun dari Kampung Bali Nanshan turut ditampilkan dalam acara ini.

Ketua Perhimpunan Persahabatan Indonesia Tiongkok (PPIT) Bali, Cahaya Wirawan Hadi, menyampaikan malam persaudaraan ramah tamah ini merupakan balasan dari sambutan hangat yang diberikan saat rombongan Bali berkunjung ke Nashan beberapa waktu lalu. PPIT Bali pun sepakat untuk membalas sambutan ini dengan menggelar ramah tamah saat warga Kampung Bali, Nashan mengunjungi ke Pulau Dewata. Momentum ini diharapkan dapat mempererat jalinan kekerabatan dan menjadi hubungan harmonis antar kedua negara, Indoensia – Tiongkok.

“Memang dulu sekitar tahun 60 an saudara saudara kita warga Bali keturunan Tionghoa pergi ke Tiongkok, akhirnya membentuk Kampung Bali di Nanshan. Mereka ini masih menpunyai ikatan keluarga, bisa dikatakan warga keturunaan Tionghoa yang ada di Bali memiliki leluhur nenek moyang di Tiongkok. Begitu pula warga Tiongkok yang tinggal di Kampung Bali Nanshan masih memiliki ikatan keluarga di kampung halaman mereka dahulu di Bali,” ujarnya.

Ketua Kampung Bali Nanshan, Quanzhou Tiongkok, Se poh pun mengaku bahagia dan senang bisa berkunjung ke Bali. Meski menetap di Tiongkok, namun ia tidak melupakan Pulau Dewata, bahkan ia pun masih bisa berbahasa Bali. Selain berwisata kedatangannya ini juga untuk mengunjungi kerabatnya di Bali yang berada di Buleleng. Kedepan ia mengharapkan pula hubungan seperti ini tetap terjalin erat dan harmonis.

Ia pun berniat membangun taman budaya lengkap dengan arsitektur khas Bali berisi candi bentar di Kampung Bali Nanshan. Hal ini dilakukan untuk menunjukan kecintaan dari hati nuarani untuk tanah kelahirannya. Mendukung rencana ini pihaknya pun siap mendatangkan langsung para undagi atau tukang bangunan dari Bali agar ciri khas bali tetap terjaga.

“Di Kampung Bali tidak ada patung dan ukir-ukiran seperti disini, sekarang dari sini dengan bantuan pemerintah Bali bisa tidak minta tolong mencarikan tukang agar bisa membuatnya disana agar sama percis dengan yang ada di Bali,” pungkasnya.

Malam Persaudaraan PPIT Bali Dengan Warga Kampung Bali

Sementara itu Gubernur Bali, Made Mangku Pastika sangat mendukung kegiatan PPIT Bali ini dan berharap hubungan persaudaraan ini tetap terjaga. Hal senada juga dusampaikan konsul Jenderal RRT di denpasar, Gou Haodong yang sangat mengapresiasi kehadiran warga Nashan pulang kampung ke Bali. Hal ini menurutnya akan semakin mempererat dan akan mampu menjembatani hubungan antara Indoensia dengan Tiongkok.(blt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here