BANGKAI PAUS SPERMA 10 TON TERDAMPAR DI PANTAI BUNGKULAN, BULELENG

BANGKAI PAUS SPERMA 10 TON TERDAMPAR DI PANTAI BUNGKULAN BULELENG

Buletindewata.com, Buleleng.

Bangkai paus sperma, dengan panjang sekitar 15 meter dan berat 10 ton, terdampar di Pantai Desa Bungkulan, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng, Bali. Bangkai paus jenis sperma yang terdampar dengan isi perut terburai dan bau yang sangat menyengat pertama kali ditemukan Made Sutama, seorang nelayan yang bermukim di pantai setempat, minggu (18/3) sekitar pukul 23.00 Wita.

“awalnya bangkai paus tersebut dikira gabus oleh warga sekitar, maunya didorong pakai bambu agar mau ke dalam tapi hal tersebut tidak memungkinkan”, ujar made sutama.

Penemuan bangkai paus ini langsung dilaporkan kepada pemerintah desa setempat pada keesokan harinya. Penemuan mamalia laut ini juga menarik perhatian tim peneliti Undiksha Singaraja yang mengambil sampel jaringan dari daging paus sperma untuk diteliti lebih lanjut.

BANGKAI PAUS SPERMA 10 TON TERDAMPAR DI PANTAI BUNGKULAN BULELENG

Kuat dugaan paus betina dengan bobot sekitar 10 ton dan panjang sekitar 15 meter lebih ini, sudah mati sekitar seminggu lalu, hanya saja penyebabnya belum diketahui secara pasti dan harus diteliti terlebih dahulu.

Sementara itu dari hasil rembug antara pihak nelayan dengan Satpol Air Polres Buleleng, disepakati jika bangkai paus sperma ini ditarik ke laut untuk ditenggelamkan, karena jika paus tersebut di kubur diperkirakan memakan biaya untuk prosesinya.

Terdamparnya mamalia laut dengan nama latin physeter macrocephalus ini sempat menjadi tontonan warga setempat. Meski baunya menyengat banyak dari warga setempat berfoto dan selfie dengan bangkai paus sperma ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *