Bali dan India Jajaki Peningkatan Kerjasama Infrastruktur, Pariwisata dan Budaya

Bali dan India Jajaki Peningkatan Kerjasama

Buletindewata.com, Denpasar.

Dari zaman dahulu, antara India dan Bali terjalin hubungan persaudaraan yang erat dan kedua wilayah juga memilki kemiripan baik dari segi agama maupun budaya. Untuk itu jalinan kerjasama yang selama ini telah terbentuk antara Bali dan India kedepannya dapat semakin ditingkatkan. Demikian disampaikan oleh Duta Besar India untuk Indonesia dan Timor Leste Yang Mulia Pradeep Kumar Rawat saat bertemu Gubernur Bali Made Mangku Pastika di Ruang Kerjanya, Kamis (21/12).

Lebih jauh, Duta Besar India yang didampingi Konsul Jendral India Sunil Babu menyampaikan bahwasannya pihaknya siap melakukan kerjasama disegala bidang baik dalam bidang infrastruktur, pengembangan pelestarian budaya, peningkatan kualitas sumber daya manusia maupun pengembangan pariwisata bagi kedua wilayah. “Dengan latar belakang yang kita miliki, saya yakin banyak kerjasama yang bisa kita jalin kedepannya. Saya harap jalinan kerjasama dan persaudaraan kita akan semakin erat,“ imbuhnya.

Yang Mulia Kumar Rawat yang baru pertama kalinya datang ke Bali ini sangat mengagumi keindahan alam serta budaya Bali yang sangat luar biasa, dan hingga saat ini Bali masih menjadi tujuan wisata utama bagi warga negaranya dimana lebih dari 60% warganya memilih Bali sebagai tempat untuk berwisata. Dalam kesempatan tersebut, Yang Mulia secara khusus juga menyampaikan apresiasinya atas layanan yang telah diberikan kepada warga negaranya yang sedang berlibur ke Bali saat terjadi penutupan Bandara Ngurah Rai akibat erupsi Gunung Agung. Kedepannya, Dubes India juga berharap agar Bali bisa menjadi Sister of Province dari Uttarakhand di India, dimana daerah ini juga terkenal sebagai Land of the Gods dan memilki banyak pura Hindu dan juga sebagai pusat ziarah sehingga sangatlah tepat untuk menjadi sister province of Bali yang terkenal dengan Island of Gods.

Bali dan India Jajaki Peningkatan Kerjasama
Gubernur Bali Made Mangku Pastika yang didampingi oleh Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Bali Dewa Gede Mahendra Putra, Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali Dewa Putu Beratha dan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali Anak Agung Gede Yuniartha menyampaikan apresiasinya dan menyambut baik rencana jalinan sister province antara Bali dan Uttarakhand yang akan dibentuk. Dengan banyaknya persamaan yang dimiliki serta latar belakang yang ada, Gubernur Pastika optimis jalinan kerjasama akan membawa dampak positif baik bagi India maupun Bali.

“India dan Bali punya hubungan yang sangat dekat. Jalinan sister of province yang akan terbentuk akan semakin mempererat jalinan persaudaran diantara kita, untuk itu saya menyambut baik dan siap untuk berkoordinasi dalam mewujudkannya,“ tuturnya.

Terkait kerjasama dalam bidang infrastruktur maupun bidang lainnya, Gubernur Pastika menyambut baik dan siap melakukan koordinasi dengan Pemerintah pusat maupun instansi vertikal lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *